Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Tips Menjaga Kesehatan saat Cuaca Ekstrem Dari Rumah Sakit M.Yunus Kota Bengkulu

Loading...

Bengkulu,Nusantaraterkini.com – Beberapa waktu yang lalu hujan beserta angin terjadi dan menyebabkan banjir di tiap-tiap daerah, khususnya wilayah Seputaran Provinsi Bengkulu.

Kondisi cuaca yang seperti ini dapat menimbulkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Berikut ini Dokter Spesialis Kesehatan Rumah Sakit M.Yunus Kota Bengkulu sajikan tips menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem

  1. Rutin Cuci Tangan

Mencuci tangan adalah cara termudah dalam mencegah penyakit.Semua kuman yang bersarang akibat jabat tangan, memegang gagang pintu, membuang sampah, dan menyentuh permukaan benda umum lainnya dapat dibersihkan dengan cuci tangan.Mencuci tangan yang baik setidaknya selama 20 detik dan dengan hati-hati menggosok semua permukaan, mulai dari punggung tangan hingga kuku Anda.

  1. Konsumsi Vitamin dan Teh Herbal

Konsumsi banyak vitamin C selama musim dingin.Hal tersebut akan membantu tubuh Anda dalam melawan gejala flu. Sedangkan untuk vitamin D akan membantu Anda menambah kekurangan cahaya yang dialami selama musim dingin.Konsumsi teh herbal juga dapat membantu Anda tetap sehat.Teh herbal seperti lemon dan chamomile dapat meredakan depresi dan kecemasan dengan menenangkan saraf yang membuat tubuh Anda rileks.

  1. Istirahat yang Cukup

Gunakan waktu istirahat Anda dengan cukup.Tidur selama tujuh hingga delapan jam akan membantu mengisi ulang tubuh Anda dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.Terkadang tidur siang bisa lebih efektif daripada tidur malam yang singkat.

  1. Tetap Terhidrasi

Jaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi.Minum lah beberapa gelas air setiap hari diperlukan. Air akan melindungi tubuh Anda dari penyakit dengan membilas racun dan membantu Anda menyerap nutrisi.

  1. Jaga Kebersihan

    Usahakan untuk menjaga kebersihan Anda.Jauhkan kuman-kuman dengan membiasakan diri melakukan pembersihan.Sering-seringlah mencuci tubuh Anda, terutama setiap hari.Selalu ganti pakaian bersih setidaknya sekali atau dua kali sehari, terutama pakaian dalam.

  1. Berpakaian yang Sesuai

Untuk mengantisipasi pergantian cuaca yang ekstrem, sebaiknya berpakaian lah yang sesuai.Selalu bawa mantel atau sweter untuk melindungi tubuh Anda dari cuaca dingin yang datang tiba-tiba.

  1. Makan Diet Seimbang

Tubuh Anda akan membutuhkan nutrisi yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.Konsumsi lah makanan yang mengandung antioksidan.Antioksidan utama adalah beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E.Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan.(ADV)

 

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.