Terbit : 12 Juli, 2019 - Jam : 06:55

Petani Resah, Sapi Merusak Lahan Persawahan Mereka

Loading...

SELUMA – Kurangnya kesadaran pemilik ternak di Desa Tanjung Seru, Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma, dalam menjaga hewan ternaknya, dan membuat lahan persawahan milik warga rusak.

Sejumlah hewan ternak seperti, Sapi dengan leluasa menggasak lahan persawahan milik warga. Akibatnya, warga setempat mengeluh sebab tanaman padi milik mereka terancam gagal panen.

Umir, salah seorang petani di desa tersebut mengaku resah dengan kondisi tersebut. Menurutnya, para pemilik ternak harusnya menjaga hewan ternaknya agar tidak bebas berkeliaran.

“Pemilik ternak Sapi pernah berjanji untuk mengandangi ternaknya. Sawah sudah saya tanami padi di makan sapi dan di injak hingga rusak,” keluh Umir, Jumat (12/07/19).

Warga lain enggan di sebutkan juga mengatakan hal yang sama. Menurut dia, pernah kami menahan sapi yang merusak persawahan Kami. Terus kami laporkan ke pemiliknya. Agar mengganti kerugian Kami. Pemilik ternak menyanggupi ganti rugi sebesar Rp. 1,8 juta.

Lanjutnya lagi, “Selang dua hari,
kami yang Di laporkan melakukan pemerasan. Di perjanjian damai yang kami buat kedua belah pihak. Apabila hewan ternak merusak lahan petani,maka hewan tersebut di ambil alih dengan Petani. (Budi)

Loading...
Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.