Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Pemprov Papua kirim Tim Pemulihan Kesehatan Ke Palu

NusantaraTerkini.Com, Papua – Pemerintah Provinsi Papua mengirim 14 orang tim relawan dan medis gabungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua ke Palu Sulawesi Tengah .

14 relawan tersebut nantinya terlibat langsung membantu memulihkan kesehatan masyarakat di beberapa daerah yang terdampak bencana.

Tim ini memang difokuskan pada pemulihan kesehatan pasca gempa di daerah-daerah tersebut termasuk Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Pengiriman tim medis ke Palu dan daerah lainnya dianggap penting dikarenakan sudah 14 hari lamanya dari bencana gempa dan tsunami tersebut terjadi.

Dengan waktu dua minggu tersebut Pemprov Papua ikut khawatir mulai tersebarnya berbagai penyakit di warga Palu, Sigi dan Donggala.

“Poin pentingnya adalah kami Papua sebagai bagian dari negara kesatuan Republik Indonesia turut ambil bagian dalam membantu meringankan beban mereka di Sulteng, bukan mulai sekarang tapi sejak awal bencana itu datang,” ujar Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal usai melepas 14 relawan di halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Kamis (11/10) siang.

Sementara Kepala pelaksana BPBD Provinsi Papua William R. Manderi kepada wartawan mengatakan, selain mengirimkan tim, BPBD Papua juga telah memulangkan 20 mahasiswa Papua yang terkena gempa dan tsunami Palu- Donggala.

“Tujuh lainnya hari ini masih di Palu dan akan segera dievakuasi juga,” jelasnya.

Pemprov Papua melalui Dinas Kesehatan Provinsi Papua juga memastikan tim yang dikirim adalah tim terlatih dan sudah berpengalaman.

“Mereka juga berangkat lengkap dengan obat-obatan dan bantuan lain. Di sana rencana mereka tinggal selama 10 hari, namun tetap melihat perkembangan,” ujar
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai.

Selain itu pemerintah Provinsi Papua juga dalam waktu dekat akan memberikan bantuan uang tunai ke Pemerintah Palu.

Bantuan dari Papua ke Palu memang terus digalaklan baik oleh pemerintah provinsi, pemerintah kota maupun kabupaten. Instansi lainnya termasuk TNI/Polri juga turut menurunkan bantuan. Tak ketinggalan juga organisasi kepemudaan, mahasiswa, dan berbagai komunitas turut ambil bagian. (F.Narwawan)

Redomendasi
Comments
Loading...