RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta Belajar Atasi Kondisi Darurat ke RSUD dr. Iskak

Nusantaraterkini.com||Tulungagung- Layanan Public Safety Center (PSC) yang dikelola RSUD dr. Iskak Tulungagung menarik perhatian rumah sakit lain untuk meniru. Termasuk Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Selama beberapa pekan, mulai Rabu (13/3/2024) sampai Sabtu (6/4/2024),

rumah sakit yang dipimpin dr. Supriyanto Sp.B. ini berada di Tulungagung untuk mempelajari layanan PSC yang sukses menolong kondisi kegawatdaruratan medis dan non medis masyarakat.

Sub Koordinator Pendidikan dan Diklat RSUD dr. Iskak, Agus Heru Cahyono, S.AP. mengatakan pemberian Pelatihan Pre hospital Care kepada 6 petugas RSUPN Cipto Mangunkusomo meliputi materi klasikal dan praktik langsung di lapangan. “Satu minggu pertama peserta pelatihan diberikan materi klasikal dan minggu berikutnya berupa praktik,” ujar Heru.

Beberapa materi klasikal yang diberikan berupa sistem penanggulangan gawat darurat terpadu,  prinsip ambulan safety, bantuan hidup dasar pre hospital, manajemen kasus trauma dan non trauma pre hospital dan beberapa materi kegawat daruratan lainnya.

Ke depan usai mengikuti pelatihan, para peserta juga mengikuti ujian praktik. Melalui ujian praktik diharapkan para peserta dapat mempraktikan materi yang diperoleh untuk melayani masyarakat di Jakarta.

Layanan PSC 119 melalui nomor hotline (0355) 320-119 serta aplikasi android emergency button dirancang untuk memudahkan komunikasi antara warga dengan rumah sakit saat mengalami kondisi darurat. (Red/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

You cannot copy content of this page