Pastikan Kesiapan Operasional, Ketua Dewan Seluma Sidak Ke Pos Damkar

Seluma, Nusantaraterkini.com- Ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca bersama Plh Bupati Seluma Ricky Gunarwan menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pos pemadam kebakaran, Jumat, 19 Februari 2021. Guna memastikan kesiapan kendaraan operasional dan terkait keluhan terhadap kinerja damkar yang harus diperbaiki.

“Kemarin ada laporan dari masyarakat. Saat kebakaran di Tais itu, kinerja kita tidak maksimal. Setelah dicek memang kita kekurangan alat,” kata Ricky.

Tak hanya kekurangan alat, lanjutnya, damkar juga kekurangan personel. Kedua hal itu akan menjadi bahan evaluasi Pemkab Seluma. Bahkan Ricky menyebutkan, damkar harus menjadi dinas sendiri atau setidaknya setingkat kantor. Supaya lebih fokus dalam menjalankan tugasnya, yang selama ini damkar merupakan bagian dari Satpol PP Seluma.

“Kita berharap semuanya mendukung untuk peningkatan fasilitas dan kinerja damkar ini,” tukasnya.

Sementara itu, Nofi menegaskan siap mendukung penganggaran kendaraan operasional baru untuk damkar.

“Paling tidak setiap markas pemadam itu ada dua untuk pemadam, agar tidak kelabakan saat terjadi kebakaran. Makanya kita akan anggarkan ini di APBD Perubahan, karena berkaitan dengan keselamatan barang dan nyawa masyarakat banyak,” ujarnya.

Adapun Kasatpol PP Seluma Hadi Sanjaya mengaku, selama ini memang banyak kendala terkait kinerja damkar sehingga harus dievaluasi.

“Selama ini memang tidak maksimal karena satu unit damkar dalam satu pos itu tidak cukup,” ucapnya. (Adv)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.