Muswil A2K4, Fokus K3

Muswil A2K4 II
Muswil A2K4 II

NusantaraTerkini.Com – Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Indonesia (A2K4) Wilayah Bengkulu menggelar Musyawarah Wilayah ke – II yang bertempat di Hotel Raffles City Bengkulu, Kamis (03/11). Diungkapkan Ketua Dewan Pengurus A2K4 Wilayah Bengkulu Rohmi, S.Sos bahwa tujuan dari A2K4 adalah membentuk tenaga – tenaga kerja terampil khususnya dibidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Konstruksi khususnya di Wilayah Provinsi Bengkulu.

“Kita berperan aktif membantu pembangunan Provinsi Bengkulu terutama di LPJK yaitu lembaga pengembangan jasa konstruksi, kita juga kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Dinas Ketenaga Kerjaan untuk pengembangan jasa konstruksi khususnya di bidang Sumber Daya Manusia (SDM),” jelas Rohmi.

A2K4 berfokus mensosialisasikan pentingnya K3, dimana setiap perusahaan harus mempunyai personil di bidang K3, karena ini sesuai dengan amanat Undang – Undang No. 1 Tahun 1970 dan UU Jasa Konstruksi No. 18 tahun 1999 yang harus dijalankan dan dipatuhi.

“Kita tidak bosan – bosannya mensosialisasikan bahwa K3 itu sangat penting demi untuk keselamatan pekerja itu sendiri, karena apabila terjadi kecelakaan akan banyak menimbulkan kerugian tidak hanya pekerja itu sendiri tetapi juga perusahaan dan juga keluarga,” tegas Rohmi.

Sejalan dengan hal tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Din Ikhwan, S.Sos mengungkapkan bahwa A2K4 dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di Provinsi Bengkulu. Melalui penyedian SDM khususnya dibidang tenaga terampil dan tenaga ahli K3 Konstruksi.

“Tenaga terampil dan Tenaga ahli bidang K3 Konstruksi menjadi kebutuhan utama dalam setiap pembangunan. Mari kita tingkatkan SDM tenaga terampil dan tenaga ahli yang benar – benar kompeten agar dapat bersaing secara sehat,” jelas Din Ikhwan.

Selain itu Din Ikhwan juga menghimbau agar semua elemen masyarakat dan perusahaan serta jasa konstruksi, untuk dapat menerapkan peraturan – peraturan terkait K3 Konstruksi dan menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dibidang K3 Konstruksi. [NU003/Morecka MC]

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.