10 September Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia

NusantaraTerkini.Com, Kota Bengkulu – Dalam rangka menyambut Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 September, Keluarga Besar Direksi Rumah Sakit dr. M Yunus ikut memperingatinya dengan menandatangani spanduk sebagai bukti ikut berkomitmen untuk memberi informasi kepada masyarakat mengenai penyebab ataupun resiko serta cara pencegahan bunuh diri itu sendiri.

Senin (10/9/2018) pagi, bertempat di halaman RSUD M yunus, Direktur RSUD M yunus Bengkulu dr Zulki Maulub Ritonga, Sp.An dan dr. Andri Sudjatmoko, Sp.Kj selaku kordinator Penggerak Acara, membuka acara tersebut usai apel, pukul 08.00 WIB.

Data WHO menyimpulkan bunuh diri telah menjadi masalah besar bagi kesehatan masyarakat di negara maju dan menjadi masalah yang terus meningkat jumlahnya di negara berpenghasilan rendah dan sedang. Hampir satu juta orang meninggal setiap tahunnya akibat bunuh diri. Ini berarti kurang lebih setiap 40 detik jatuh korban bunuh diri.

Dr. Andi Sudjatmoko SpKJ mengatakan, keinginan bunuh diri tidak muncul tiba-tiba. Selalu ada pemicu psikologis yang membuat seseorang berniat menyelesaikan perjalanannya di dunia.

’’Kondisi kejiwaan yang tidak stabil, kacau, atau baru saja tertimpa masalah biasanya menjadi penyebab seseorang ingin melakukan bunuh diri”.(vt)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.