Tips Sebelum Melaksanakan Suntik Vaksin COVID-19

Nusantaraterkini.com-  Sebelum melaksanakan suntik vaksin tentunya orang yang akan disuntik vaksin harus lolos verifikasi pendaftaran melalui aplikasi ‘Peduli Lindungi’.

Kemudian ke pos dua yaitu tahapan skrining dan anamnesa. tahapan skrining dan anamnesa adalah dimana calon penerima vaksin akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).

Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima vaksin namun jika lolos di pos dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin corona yang berada di pos tiga.

Untuk melewati tahap tersebut tentunya tubuh kita harus dalam sehat dan tidak ada penyakit penyerta. untuk itu Direktur RSUD M Yunus dr. Zulkimaulub Ritonga memberikan 4 tips bagi masyarakat yang akan menerima suntik vaksin COVID-19.

Pertama pastikan tubuh kita dalam keadaan fit. karena kalau tidak fit kemungkinan besar pemberian vaksin ditunda. beberapa langkah yang dapat digunakan untuk menjaga tubuh kita tetap fit yakni dengan rajin berolahraga dan beristirahat yang cukup.

Kedua calon penerima suntik vaksin harus mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah yang mengandung vitamin untuk meningkatkan imun.

Ketiga menyiapkan tubuh agar tidak stres. hal ini penting disiapkan karena seringnya terjadi pingsan usai disuntik Vaksin. padahal hal tersebut bukan karena cairan vaksinnya namun karena kondisi penerima vaksin tidak siap atau stres.

Empat menghindari obat anti-inflamasi sebelum melaksanakan suntik vaksin karena dikhawatirkan dapat mengurangi respon imun terhadap vaksin.

yang paling penting adalah bicaralah dengan jujur mengenai riwayat penyakit dengan petugas agar para petugas mengetahui tentang kapan waktu yang aman untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

Itulah hal-hal yang harus dilakukan sebelum vaksin Covid-19. Jangan lupa, setelah vaksin Covid-19, tetap patuhi protokol kesehatan.

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.