Tega, Bunga Rafflesia di Kemumu Sengaja Dirusak

NusantaraTerkini.Com, Argamakmur – Bongkol Bunga Rafflesia yang terletak di hutan boven Lais Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, hancur tak bersisa.

Diungkapkan Septi Ariki, Ketua  Kelompok Pemuda Sadar Wisata (Pokdarwin Arga Tirta) Argamakmur, bongkol bunga rafflesia jenis Gedutensis ini ditemukan hancur Selasa pagi (29/5/18) sekira pukul 08:00 WIB. Ia menduga bunga itu dirusak oleh orang yang tak bertanggung jawab.

“Bongkol tersebut ditemukan sudah hancur tak bersisa. Sebelumnya malam kita cek masih bagus, pas pagi dilihat sudah hancur,” ungkapnya.

“Terdapat 4 bongkol di kawasan tersebut dan masing-masing bongkol memiliki usia sekitar 5 hingga 8 bulan dan masih ada 1 spot habitat lagi yang diprediksi terkena serangan yang sama,” lanjutnya.

Lebih lanjut disampaikan Deki, sapaan akrabnya sehari-hari, dia belum mengetahui siapa yang tega merusak bunga langka tersebut. Padahal, kata Deki, rafflesia itu akan diprediksi mekar saat lebaran nanti.

“Sebenarnya kejadian seperti ini sudah sering terjadi, mulai dari bongkol yang di belah, akar inang yang dipotong dan habitat yang di acak-acak. Tapi kejadian yang pagi ini benar-benar sangat parah. Sampai saat ini kami tidak tahu siapa pelaku perusak habitat bunga raflesia di kawasan Kemumu ini,” pungkasnya. (redaksi)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.