Terbit : 27 Oktober, 2019 - Jam : 22:24

HUT Ke 51 Pemrov Bengkulu Launching CFD

Loading...

Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah launching Car Free Day (CFD)  dan mengukuhkan 2000 kader Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Bundaran Bank Indonesia Bengkulu, Minggu (27/10).

Kegiatan CFD Bengkulu ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Bengkulu,  Dedy Ermansyah, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan , Dr. Eni Gustina.MPH,  Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg. Kartini , DPD RI Ahmad Kanedy, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni,  Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, serta FKPD dan jajaran di pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya , Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat agar dapat menjalani hidup sehat dalam  kesehariannya.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk hidup sehat dan dapat melakukan aktivitas fisik minimal tiga puluh menit setiap hari,” kata Herwan Antoni dalam sambutannya.

Dirinya juga mengatakan, Car Free Day (CFD)  ini nantinya akan dilakukan sebanyak 2x dalam 1 bulan yakni pada Minggu pertama dan Minggu ketiga yang kemudian akan dilakukan evaluasi. 

“Untuk rute Car Free Day ini kita mulai dari masjid Jamik Kota Bengkulu sampai dengan toko Butinara depan kampus Unihaz Bengkulu,” sebut Herwan.

Selain launching CFD, tambah Herwan. Pihaknya juga mengukuhkan sebanyak 2000 kader germas yang terdiri dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu dan dilanjutkan dengan melakukan senam bersama.

“Untuk senam ini, sebelumnya telah memecahkan rekor muri dan dunia pada tahun 2018 lalu. Senam ini juga sudah berapa kali tampil di event-event Nasional.

Hal ini kami laksanakan sebagai motivasi untuk masyarakat untuk dapat mempraktikkan senam sehat tersebut dikehidupan sehari-hari serta kita juga melombakan senam tersebut dengan hadiahnya adalah memperebutkan piala Gubernur Bengkulu,” tambahnya.

Sementara itu,  Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga,  drg. Kartini sebagai perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI,  sangat mengapresiasi kegiatan yang berlangsung di Provinsi Bengkulu ini. 

Dirinya menilai, Provinsi Bengkulu merupakan salah satu daerah yang berhasil mengimplementasikan germas dengan nyata dan pasif.

“Kami memberikan apresiasi untuk Gubernur Bengkulu dan Pemerintah Daerah atas implementasi germas dengan nyata dan pasif untuk Provinsi Bengkulu.  Ini adalah wujud dalam membudayakan germas, apalagi tahun ini kita lihat lagu germas dan gerakan germas di ciptakan ala Bengkulu, ” kata drg. Kartini saat launching CFD.

Kendati demikian,  Gubernur Bengkulu yang launching CFD pertama di Provinsi Bengkulu mengatakan bahwa ini merupakan salah satu rangkaian yang dikemas dalam rangka Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu ke-51 dan puncaknya pada tanggal 18 November mendatang.

“Ini juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional  (HKN) pada tahun 2019. Yang mana kemasan program ini tidak lain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat yang pasif dan sistematis untuk menciptakan masyarakat hidup sehat dan tujuan akhirnya adalah Indonesia kuat,” tutup Rohidin Mersyah. (red/adv)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.