Peringati Hari Kebangkitan Nasional, H. Surya BSc Sebagai Inspektur Upacara

ASAHAN – Plt Bupati Asahan H Surya BSc melaksanakan upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di halaman kantor Bupati Asahan, Senin, (20/05).

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Forkopimda, OPD, unsur TNI/POLRI, ASN, Karang Taruna dan unsur Mahasiswa.

Sebagai inspektur upacara Plt. Bupati Asahan H Surya BSc dalam sambutannya melalui pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara menyampaikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111 tahun 2019.

“Berkaitan dengan pasca pesta Demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hingga saat ini tahap-tahap pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif berjalan dengan lancar,” ucapnya.

H Surya juga menyampaikan kelancaran tersebut berkat pengorbanan para anggota penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa. Sungguh mulia pengorbanan para anggota penyelenggara dalam menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini.

Selain itu H Surya juga mengucapkan terima kasih atas pengorbanan para penyelenggara dan meminta kepada masyarakat Indonesia agar menunggu secara tertib ketetapan penghitungan secara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang.

“Telah lebih 1 Abad Indonesia menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo dan dalam kondisi kemajemukan Bahasa, Suku, Agama, Kebudayaan di tingkat bentang Geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrim di dunia mampu menjaga persatuan dan kesatuan sampai detik ini,” jelasnya.

Selanjutnya H Surya BSc menegaskan, tidak diragukan lagi bahwa Indonesia akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, keterbelahan sosial dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa Indonesia, yaitu Persatuan Indonesia.

“Harkitnas ini dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan. Bagi umat Muslim, Bulan suci ini menuntun untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebar kebohongan dan fitnah,” tegasnya.

H Surya BSc menyampaikan Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan ramadhan nanti, bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara disekitar kita.

“Bung Karno dalam rumusan dasar Negara Indonesia memberikan pandangannya, bahwa Pancasila yang berintikan 5 Asas. Namun, Bapak Proklamator Republik Indonesia tersebut, juga memberikan pandangan bahwa jika nilai-nilai Pancasila tersebut diperas ke dalam 3 sila, bahkan 1 “Sila” tunggal,” ujarnya.

H Surya BSc menambahkan, maka yang menjadi intinya, “Core of the Core” adalah gotong-royong. Menurut Bung Karno “Jika kuperas yang lima ini menjadi satu, maka dapatlah aku satu yang tulen.

“Tulen yaitu perkataan gotong royong adalah pembantingan-tulang bersama, pemerasan-keringat bersama, perjuangan bantu-membantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Ho-Lopis-Kuntul-Baris buat kepentingan bersama! Itulah gotong royong,” tambahnya.

Sementara itu Yel-yel ” Ho-Lopis-Kuntul Baris” adalah aba-aba nenek moyang di tanah Jawa, digunakan sebagai paduan suara untuk memberi semangat ketika mengerjakan tugas berat yang hanya bisa dikerjakan secara bergotong-royong.

“Bukan hanya ditanah Jawa, semangat persatuan dan kesatuan dan gotong-royong telah mengakar dan menyebar diseluruh nusantara,” ungkapnya.

H Surya BSc dalam membacakan sambutannya mengajak agar masyarakat Indonesia.

“Secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbaharui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa Indonesia menuju kejayaan di pentas global,” tutupnya. (RD-A/ril)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You cannot copy content of this page