31 Pekerja Jembatan Di Nduga Diduga Dibunuh KKB

NusantaraTerkini.Com, Papua – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Nduga diduga melakukan pembunuhan terhadap 31 pekerja proyek Istaka Karya yang sedang membagun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

“31 orang meninggal dunia, dimana 24 orng dibunuh hari pertama, setelah itu 8 orang yang selamatkan diri di rumah anggota DPRD dijemput dan dibunuh lagi 7 Orangnya. Sementara 1 orng blm ditemukan/melarikan diri, itu laporan yang kami dapat,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. A M Kamal, Senin (3/12) malam.

Kata Kamal, saat ini personil gabungan TNI/Polri telah diterjunkan untuk mengecek informasi tersebut dan selalu siap melakukan evakuasi terhadap para korban dan menangkap para pelaku.

Awalnya, sekitar Pukul 15.30 Wit sore tadi, telah didapat informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi pembunuhan terhadap para pekerja proyek Istaka Karya yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak.

Dari informasi masyarakat juga mengatakan, pembunuhan terhadap para pekerja proyek Istaka Karya terjadi Minggu 2 Desember 2018 di Kali Yigi dan Kali Aurak Distrik Yigi Kabupaten Nduga.

Data Kepolisian Daerah Papua juga menyebutkan Sebelumnya Sabtu 1 Desember 2018 sekitar pukul 20.30 Wit, Cahyo selaku Project Manager PT. Istika Karya paket pembangunan jembatan Habema- Mugi mendapat telepon dari nomor Jhoni Koordinator lapangan PT. Istika Karya pengerjaan proyek pembangunan jembatan Habema-Mugi tersebut.

“Namun saat terima telpon, Cahyo tidak paham dengan maksud pembicaraan orang yang menelepon tersebut,” jelas Kamal.

Diketahui Jhoni terakhir melakukan komunikasi pada Jumat 30 November 2018.

Sementara itu, informasi dari pos Satgaspamrahwan 755/Yalet di Napua-Wamena bahwa Tanggal 30 November 2018 pukul 04.00 Wit tercatat 1 mobil ran strada dengan muatan BBM Solar milik PT. Istaka Karya menuju Camp Istaka Karya di Distrik Yigi dengan membawa 5 orang pegawai dan tiba kembali di Wamena pada pukul 18.30 Wit.

Selanjutnya pada 1 Desember 2018 pukul 02.00 Wit tercatat 2 mobil menuju ke Camp Distrik Yigi dengan masing-masing membawa 15 orang pekerja proyek dari PT. Istaka Karya.

Pada Minggu 2 Desember 2018, pukul 20.00 Wit satu mobil Strada kembali ke wamena dan Seninnya 3 Desember 2018 1 mobil Strada kembali lajuran dari Wamena ke Distrik Mbua Kabupaten Nduga.

Dari informasi bahwa 1 mobil strada yang membawa 15 orang pekerja proyek dari PT. Istaka Karya sampai saat ini belum kembali ke Wamena.

Mendapat informasi tersebut, personil gabungan Polri dan TNI yang dipimpin Kabag Ops Polres Jayawijaya a.n. AKP. R.L. Tahapary bergerak dari Wamena menuju Distrik Yigi Kabupaten Nduga, namun saat tiba di kilo meter 46 , tim bertemu dengan salah 1 mobil dari arah Distrik Bua dan menyampaikan untuk tim segera balik karena jalan di blokir oleh Kelompok Kriminal Bersenjata.

Terkait hal ini hingga kini Polda Papua masih terus melakukan koordinasi dan melakukan pengecekan tentang informasi tersebut. (Fai/Jpra)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You cannot copy content of this page