102 Desa Di Empat Lawang Dipastikan Melaksanakan Pilkades Akhir Tahun 2021, Mengingat Masa Jabatan Kades Habis Dipertengahan Bulan Juni

Empat Lawang , Nusantaraterkini.com – Pelaksanaan Ajang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) akan dilaksanakan akhir Tahun 2021 karena,102 Desa masa jabatan Kepala Desa (Kades) habis dipertengahan Bulan Juni mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Asnan melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintaham Desa Agusman Mulyadi mengatakan, pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dipastikan akan dilaksanakan pada akhir tahun ini, karena mengingat masa jabatan Kepala Desa yang masih menjabat saat ini akan berakhir pada pertengahan bulan Juni mendatang.

“Ya, pemilihan Kepala Desa ini bisa dipastikan antara Bulan September atau Bulan Desember. 102 Desa tersebut nantinya akan di PJ kan, dengan mekanisme Bupati akan mengeluarkan surat edaran tentang kapan mulai pelaksanaan Pilkades,” kata Agusman saat dibincangi diruang kerjanya, Rabu (24/2/2021).

Masih dilanjutkan Agusman, Sistem cara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) nantinya akan dilaksanakan secara manual, tidak menggunakan pilihan secara e-voting. mengingat karena keterbatasan anggaran yang dimiliki.

“Calon Kadesnya minimal 2 orang peserta dan maksimal 5 orang, Kalau nantinya Calon Kadesnya lebih dari 5 orang berarti kita akan lakukan seleksi tertulis. kalau hanya satu orang Pilkadesnya akan kita tunda sampai calon Kadesnya mencukupi,” ungkapnya.

Disampaikannya juga, masalah pembentukan panitia untuk pikades itu dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing Desa, yang diusulkan kepihak Kecamatan. dengan mekanisme 6 bulan sebelum pelantikan Kades, pihaknya memberikan surat edaran ke-BPD.

“Pembentukan panitia Pilkades pun nanti kita akan berikan surat edaran kepada masing-masing BPD. berdasarkan surat edaran dari Kemendagri jumlah pemilih dalam satu TPS maksimal 500 orang jumlah pemilih, berarti panitia Pilkades nanti kita belum tentukan berapa jumlanya. tidak menutup kemungkinan nantinya TPS akan berjumlah lebih dari satu, jika jumlah DPTnya banyak,” jelasnya.(Ardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.