Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494
nusantara terkini
Bermedia Bersama Rakyat

Dokter Spesialisi Patologi Anatomi RSMY, Satu-satunya di Provinsi Bengkulu

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu – Di Provinsi Bengkulu, spesialisasi medis Patologi Anatomi yang berhubungan dengan diagnosis penyakit berdasarkan pemeriksaan sel dan jaringan hanya ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Yunus Bengkulu.

Dokter spesialis patologi anatomi (SpPA) adalah salah satu dokter yang sangat menentukan ramalan penyakit berupa benjolan di tubuh seseorang pasien, apakah ganas atau jinak. Dalam hal ini, terlebih di Provinsi Bengkulu sudah bisa ditemukan dokter yang bertanggungjawab dalam melakukan diagnosa tersebut, pasalnya sudah 3 tahun terakhir di Provinsi Bengkulu sudah ada bagian Patologi Anatomi di RSUD M. Yunus.

Dikatakan oleh Zon Hardi selaku Kepala Ruangan Patologi Anatomi pada Jum’at (29/6) bahwa ruangan tersebut hanya dimiliki oleh M. Yunus.

“Patologi anatomi termasuk laboratorium, tetapi itu laboratorium khusus untuk bagian- bagian tertentu seperti tumor dan cairan tubuh. Jadi kita yang memeriksanya, seperti kalau misalnya ada kanker, benjolan- benjolan seperti itu,” jelas Zon Hardi.

“Dan di Provinsi ini cuma ada di M. Yunus ini, di tempat lain belum ada. Termasuk dokternya cuma satu- satunya,” tambahnya.

Untuk Patologi Anatomi di rumah sakit ini hanya ada dua profesi yang bertanggungjawab, yaitu analis kesehatan dan dokter Patologi itu sendiri.

“Kita disini ada 2 profesi, yaitu Teknisi atau analis kesehatan yang dilatih dan mempunyai keterampilan khusus untuk penyiapan sample sampai slide pemeriksaan yang harus diperiksa selesai itu tugasnya teknisi. Kedua yaitu profesi Dokter Patologi Anatominya yang mana bertanggungjawab untuk mendiagnosa atas hasil lab,” ungkap Zon.

Sementara diungkapkanya lagi bahwa hampir seluruh rumah sakit di Provinsi Bengkulu melakukan pemeriksaan di M. Yunus. Hanya saja terkadang ada beberapa rumah sakit yang bekerjasama dengan rumah sakit di luar Bengkulu untuk melakukan pemeriksaan.

“Karena pelayanan kita sudah mulai banyak diketahui, semakin kesini semakin banyak pasien. Karena itu tadi kita hanya satu- satunya di Provinsi Bengkulu, bahkan hampir seluruh rumah sakit di Provinsi Bengkulu mengirim ke kita,” tutupnya.(nindri)

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...