RSMY Memberi Edukasi Pada Komunitas ODHIV

Nusantaraterkini.com, Bengkulu – Stigma negatif masyarakat terhadap orang dengan HIV (ODHIV). Oleh karenanya, perlu wadah khusus bagi mereka yang terinfeksi maupun yang terdampak untuk saling berbagi dan menguatkan satu sama lain, Rumah sakit Umum Daerah M. Yunus secara berkala menjalin komunikasi kepada komunitas Orang Dengan HIV. Kali ini tema yang diangkat adalah tentang kepatuhan ARV.

Vierna Julia, SKM, MPH Mengatakan Pada beberapa tahun terakhir telah tercatat kemajuan dari pelaksanaan program pengendalian HIV di Indonesia.Berbagai layanan HIV telah berkembang dan jumlah orang yang memanfaatkannyajuga telah bertambah dengan pesat. Walaupun data laporan kasus HIV dan AIDS yang dikumpulkan dari daerah memilikiketerbatasan, namun bisa disimpulkan bahwa peningkatan yang bermakna dalam jumlah kasus HIV yang ditemukan dari tahun 2009 sampai dengan 2012 berkaitan dengan peningkatan jumlah layanan konseling dan tes HIV(KTHIV) pada periode yang sama. Namun demikiankemajuan yang terjadi belum merata di semua provinsi baik dari segi efektifitas maupun kualitas.Jangkauandankepatuhan masih merupakan tantangan besar terutama di daerah yang jauh dan tidak mudah dicapai.

Oleh karena itu, RSUD selaku Rumah Sakit Rujukan di Provinsi Bengkulu, terus-menerus mengedukasi untuk ODHIV. Seperti dengan sharing contoh kasus, bisa dengan nonton film bersama, diskusi, maupun tanya jawab. Kemudian setiap bulan diberikan topik pembahasan beragam. Mulai dari edukasi tentang kesehatan gizi, pengetahuan tentang obat yang mereka minum, bahkan sampai tausiyah agama.(adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

You cannot copy content of this page