Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Wujudkan Masyarakat Cerdas Hukum, Kemenkumham Aceh Resmikan Desa Sadarkum

NusantaraTerkini.Com, Aceh – Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Aceh bersama pemerintah setempat meresmikan desa sadar hukum, pengukuhan Koppeta HAM dan Penandatanganan kerja sama antara Kakanwil Kemenkumham Aceh dengan Bupati Aceh Tamiang di Lapangan Tribun Kantor Bupati, Senin (11/2/2019) pagi.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Aceh, Agus Toyib, BC.IP, SH, MH, dalam laporanya mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebit agar terwujudnya masyarakat cerdas hukum, sadar hukum untuk kemudian patuh pada hukum tanpa paksaan.

“Dasar pelaksanaan peraturan Kepala BPHN Nomor HN. 03.05-73 Tahun 2008 tentang pembentukan dan pembinaan keluarga sadar hukum dan desa/keluharan sadar hukum,” jelas Agus Toyib.

Selain itu, penandatangan kerjasama antara Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Aceh dengan Bupati Aceh Tamiang disaksikan oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementrian Hukum dan HAM RI dan Plt. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh.

Gubernur Aceh yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M. Hum dalam kesempatan itu juga menyampaikan, Pemerintah Aceh secara khusus memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.

Hal ini karena Pemkab Aceh Tamiang mau mengambil inisiatif untuk pendukung kegiatan desa sadar hukum sampai dengan peresmiannya sampai hari ini.

Sementara, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Prof. Dr. H. R. Beny Riyanto, SH, M. Hum, CN mengapreasi langkah tersebut
kepada plt. Gubpernur Aceh dan Bupati Aceh Tamiang Kabupaten Aceh Tamiang.

“Kami apresiasi karena selama ini telah mendukung dan menfasilitasi Kanwil Kemenhumham Aceh sehingga memudahkan fungsi dan tugas Kemenkumham RI,” ujarnya.

Kampung yang telah ditetapkan di Kabupaten Aceh Tamiang tergolong kampung yang memiliki tingkat kesadaran hukum yang sangat tinggi dan memiliki bobot scor di atas 140.

Harapanya dapat dijadikan percontohan bagi Kampung-kampung lainnya dalam meningkatkan dan mewujudkan kesadaran hukum dilingkungan masyarakatnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin, SH,
para pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kementrian Hukum dan HAM, para pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang,
Unsur Forkopimda Aceh Tamiang,
unsur BUMN dan BUMD Kabupaten Aceh Tamiang, dan para Camat, Datok Penghulu serta tamu undangan. (Redaksi)

Rekomendasi
Comments
Loading...