Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Wauw, Pendamping Desa Kecamatan Gumukmas ‘Kampanye’ Salam – Ifan

Loading...

Jember,Nusantaraterkini.com – Pendamping Desa (PD) Kecamatan Gumukmas diduga kampanyekan Pasangan Calon (Paslon) Salam – Ifan di media sosial. Riza Amrulloh posting foto Calon Wakil Bupati Ifan Ariadna dengan keterangan ‘Saatnya yang muda memimpin” ditambah dengan hanstag #Metal.

Saat dikonfirmasi via telephone, Riza Amrulloh mengakui bahwa dirinya Pendamping Desa. Namun demikian, Riza mengaku Pendamping Desa bukan ASN hanya sebatas kontrak.Minggu, (27/9).

Riza menyebut Pendamping Desa boleh melakukan kampanye, “Iyo oleh ae koyok e,” (Iya boleh saja sepertinya) ujar Riza, saat ditanya boleh dan tidaknya Pendamping Desa terlibat politik praktis. Ia juga mengakui bila dirinya yang memposting foto Ifan Ariadna.

Komisioner Panwaslu Kecamatan Gumukmas Div. OSDM, Akhmad Rudi Masrukhin, M.Pd, saat dikonfirmasi mengatakan, Pendamping Desa bukan ASN. Namun demikian, kata dia tenaga yang dihonor pemerintah ada fakta integritas untuk tidak terlibat politik praktis.

“Ketika ada laporan, nanti akan kami tindak lanjuti, tetap nanti akan kita tindak lanjuti, kita rekomendasi dan diajukan ke Bawaslu Kabupaten, tetap kita ajukan nanti digodok lagi oleh Gakumdu,” ujar Rudi.

Nanti, lanjut Rudi, yang memberikan sanksi bukan Bawaslu atau pun Gakumdu melainkan Dinas yang memberikan SK kepadanya.

Rudi menegaskan siap menerima laporan bila ada, dengan catatan melengkapi syarat formil dan materil. Sebab Panwas sendiri tugasnya mengawasi dan menindaklanjuti.

Menurut Rudi, meski bukan ASN dan tidak ada aturan yang melarangnya. Tapi, pihak yang bersangkutan bisa dikenai sanksi secara administrasi atau pencabutan SK nya sebagai tenaga Pendamping Desa.

Tak lama berselang, setelah dikonfirmasi, postingan akun Riza Amrulloh sudah tidak terlihat di media sosialnya. Besar kemungkinan sudah dihapus oleh yang bersangkutan.

Namun demikian, akun Riza Amrulloh ditandai foto Paslon Ifan Ariadna oleh akun Umar Al-Farouk Yulianto. Akun Riza berkomentar di dalamnya, “Saatnya yang muda memimpin”. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.