Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Wasev TMMD PJO Kasad, Minta Masyarakat Kalinusu Brebes Rawat Hasil TMMD Reguler

Loading...

Brebes – Itulah yang disampaikan Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, S.Hub.Int, Waaster Kasad Bidang Wanwil dan Kermater, selaku Ketua Tim Wasev PJO (Penanggung Jawab Operasi) TMMD Kasad, di lokasi pembangunan jalan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kamis (8/10/2020).

Asistensi Kasad itu meminta jalan yang telah dibangun bersama Satgas TMMD Reguler 109, baik TNI maupun Polri, dirawat dengan baik untuk generasi selanjutnya.

“Itulah kenapa TMMD melibatkan masyarakat, agar jika mereka ikut bekerja keras membangun maka akan sayang terhadap apa yang dibangunnya,” tuturnya.

TMMD juga merupakan momen untuk meningkatkan dan menyuburkan sinergi antara TNI-Polri dan Pemda, untuk bersama-sama bergotong royong dalam melayani masyarakat dalam bentuk membangun desa-desa tertinggal, terisolir, terpencil, perbatasan, terdampak bencana alam, maupun kumuh perkotaaan.

Dikatakannya lanjut, tujuan TNI membantu pembangunan pemerintah di daerah itu, juga tertuang dalam UU TNI No. 34 tahun 2004, butir ke-9 pasal 7 ayat 2, yang merupakan salah satu tugas pokok TNI di masa damai atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Sedangkan bagi TNI sendiri, tujuan membantu pembangunan pemerintah di daerah melalui TMMD, adalah untuk memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini, sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Ini adalah bunyi butir ke-8 pasal 7 ayat 2 dari UU TNI No. 34 tahun 2004, dengan maksud, infrastruktur yang dibangun nantinya juga dapat digunakan sebagai mobilisasi pasukan, jika terjadi operasi perang.

“Jadi jika infrastruktur yang dibangun disengkuyung bersama-sama, maka anggaran yang terbatas tetap mampu untuk membangun berbagai macam sasaran infrastruktur,” imbuhnya.

Ditambahkannya, untuk nilai plus dengan adanya sinergitas lintas sektoral itu, di kegiatan non fisik TMMD Reguler, masing-masing penyuluh akan menjadi paket komplit edukasi yang diberikan kepada masyarakat sasarannya untuk meningkatkan SDM.

Turut mendampingi Ketua Tim Wasev itu, meliputi Kolonel Infanteri Tri Suseno dan Kolonel Infanteri Kusharyono (keduanya Pamen Ahli Kodam IV Diponegoro) yang mewakili Pangdam IV Diponegoro, Letkol Infanteri Kristianto Kasrem 071 Wijayakusuma yang mewakili Danrem, Narjo SH Wakil Bupati Brebes mewakili Bupati, Dansatgas TMMD Reguler 109 Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, Asisten 1 Setda Brebes Drs. Apriyanto, Kepala Baperlidbangda Brebes Drs. Edi Kusmartono, M.Si, Kepala Dispermades Brebes Subagiyo, S.I.P, Muspika Bumiayu, dan Kepala Desa Kalinusu, Wasid. (Aan)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.