Wartawan Jember Selatan Bentuk “AWAS” Sebagai Wadah Belajar Bersama

Jember Nusantaraterkini.com- Sekelompok wartawan yang biasa bertugas di wilayah Jember selatan membentuk perkumpulan Asosiasi Wartawan Selatan (Awas) untuk dijadikan wadah belajar bersama.

“Selain itu, untuk saling tukar pikiran dan gagasan agar wartawan tidak sekedar menulis. Tapi, memberikan sumbangsih nyata berbentuk informasi kepada masyarakat dan pemerintah,” ujar Muhammad Subur, ketua Awas, Kamis (25/02/21).

Selain itu, sambung Subur, keberadaan Awas untuk meminimalisir persepsi publik tentang wartawan ‘grandong’. Sebab selama ini, keberadaan wartawan ‘grandong’ cukup meresahkan, tidak memiliki karya hanya memeras dan minta-minta.

“Dampaknya, masyarakat menilai semua wartawan sama. Padahal, tidak demikian, wartawan tugasnya menulis dan mengabarkan peristiwa, memeras dan minta-minta dilarang keras dalam kode etik jurnalistik,” tegas Subur.

Sebagai ketua Awas yang dipilih berdasarkan kesepakatan bersama, Subur mengaku Awas terbuka kepada siapapun yang ingin belajar bersama untuk bergabung, khsususnya wartawan yang tugasnya di wilayah Jember selatan.

Ke depan, Subur berharap semua pihak bisa bekerjasama, masyarakat tidak antipati terhadap keberadaan wartawan dan dirinya meminta kritik serta saran agar keberadaan Awas di Jember benar-benar memberikan kontribusi kepada semuanya.

Adapun Media yang tergabung dalam anggota AWAS adalah, Nusantara Terkini, Suara Jatim Post, Harian Memo Timur, Kabare Jember, Pelita Online, Media Global Group, Warta TV dan Menit Terkini. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.