Warga Panik dan Mengungsi, Gempa 5,3 SR Guncang Pulau Morotai

Pulau Morotai, NusantaraTerkini.Com – Gempa bumi 5,3 Skala Richter (SR), pagi ini mengguncang Kecamatan Morotai Utara Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara, sehingga membuat panik penduduk yang bermukim di kecamatan tersebut. Minggu (10/2/2019).

Pasca gempa pertama yang terjadi pukul 05.00 WIT, kembali terjadi gempa susulan sekitar pukul 14.00 WIT, sehingga membuat warga masyarakat khususnya di Desa Buho-buho dan Bere-bere serta sekitarnya terpaksa mendaki perbukitan atau tempat ketinggian guna menyelamatkan jiwa sementara waktu.

Dari hasil pantauan Jurnalis Lapangan Nusantara Terkini (siang), Kecamatan Morotai Utara terdapat 14 desa dan penduduknya sebagian masih menetap seperti biasa, hanya sebagian lagi sudah mengungsi di tenda-tenda darurat sambil menunggu keadaan membaik.

Menurut keterangan salah seorang wakil rakyat dari Partai Amanat Nasional (PAN) di lokasi pengungsian, Antasari Alam bahwa, sebagian warga panik dan takut akan adanya gempa susulan sehingga sementara mengungsi.

“Warga disini menggunakan terpal dan papan kayu sebagai hunian darurat. Mereka sementara kekurangan tenda, selimut dan makanan. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait guna meminta bantuan termasuk BPBD,” ungkapnya.

Dari pengalaman sebelumnya, jika keadaan diperkirakan aman, barulah satu persatu para pengungsi akan balik ke rumah masing-masing. (Ojemona).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.