Terbit : 24 Agustus, 2019 - Jam : 18:49

Warga Kampung Padang Langgis Meriakan HUT RI dengan Acara Kuda Lumping

Loading...

Aceh Tamiang – Ratusan warga menyaksikan atraksi kuda lum­ping atau akrab disebut Kuda Kepang yang digelar warga Dusun Setia Bakti, Kampung Padang Langgis, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (24/8/2019).

Kesenian Jawa dengan ciri khas kuda-kudaan dan cambuk tersebut menarik minat warga dengan mendatangi lokasi acara di Dusun Setia Bakti.

Tidak hanya warga etnis Jawa yang banyak mendiami Dusun Setia Bakti datang menonton, tetapi juga dari pelosok lain di wilayah ini yang hendak melewati kawasan Dusun Setia Bakti ter­paksa berbalik arah karena kiri kanan badan jalan dipenuhi penon­ton.

Irhamni, warga Aceh Tamiang menyatakan sangat tertarik dengan kuda lumping. “Atraksi munum air kelapa memakan batang tebu, dan para pemain dari pihak pria menari menuru gaya wanita,gerakannya percis seperti penari wanita serta gendang dan cambuk sangat menarik, walaupun saya bukan suku Jawa hal itu sungguh sangat menarik,” ujarnya.

sementara itu Kepala Dusun Setia Bakti Basri menye­butkan, kegiatan ini di­gelar untuk meme­riahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Kuda Kepang salah satu acara yang selalu digelar setiap hari kemerdekaan bersama acara lain, seperti panjat pinang dan aneka lomba lainnya.

Basri tidak menyangka sambutan yang luar biasa dari war­ga masyarakat Aceh Tamiang terutama warga Kecamatan Seruway, padahal acara tingkat dusun ini tidak ada pem­beritahuan sebelumnya kepada masyarakat. [Afrizal]

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.