Terbit : 10 Oktober, 2019 - Jam : 01:01

Warga Dihebohkan Dengan Puluhan Ikan Mati di Sungai Sianga

Loading...

ASAHAN – Warga dihebohkan dengan puluhan ikan mati yang ada di aliran Sungai Sianga, tepatnya yang berada di Dusun VIII Kampung Baru, Desa Teladan, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan diketahui bermatian pada Selasa (8/10/2019) kemarin.

“Kemarin siang ada informasi banyak ikan yang mati di Sungai Sianga. Jadi saya cek dengan turun ke lokasi dan ternyata benar. Kejadian itu saya infokan kepada Badan Lingkungan Hidup,” kata AKP Nasib Manurung kepada wartawan saat komfirmasi melalui telpon genggamnya, Rabu (09/10).

Sementara itu, Kapolsek Prapat Janji AKP Nasib Manurung pun membenarkan peristiwa itu. Menurutnya ini merupakan yang pertama kali sejak ia menjabat sebagai kapolsek di wilayah tersebut.

“Untuk mengetahui penyebab pasti matinya ikan, petugas dari Badan Lingkungan Hidup Asahan telah mengambil sampel air untuk mengetahui kemungkinan adanya kandungan zat berbahaya di aliran Sungai Sianga dan sampel air sudah diambil dan sedang diteliti di lab oleh Badan Lingkungan Hidup. Hasilnya masih menunggu, belum diketahui,” ucapnya.

Selanjutnya, Ia pun mengimbau kepada warga sekitar untuk tidak mengambil ikan yang telah mati di aliran sungai tersebut. Sebab, diduga tercemar limbah.

“Ikan yang mati banyak diambili warga, meski sudah kami larang. Karena kan masih diteliti kandungan airnya,” sebutnya.

Selain itu, kejadian ikan mati di Sungai Sianga itu meresahkan warga. Salah seorang warga, Sarman menyebutkan aliran sungai itu sering digunakan warga setempat untuk mandi dan kini warnanya berubah menjadi kehitam-hitaman. Diduga akibat tercemar limbah pabrik.

“Mungkin itu akibat kena limbah, makanya berubah seperti begini, bahkan banyak ikan-ikan yang mati dan airnya berbau,” pungkas Sarman. (RD-A)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.