Walikota Blitar Santoso Launching Penyerahan Bantuan Rehab RTLH dan Pembangunan Rumah Baru

KOTA BLITAR, NUSANTARATERKINI.COM – Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd melaunching penyerahan bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan pembangunan rumah baru program dari Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar bertempat di Ruang Pertemuan Majapahit Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, Kamis (27/05/2021).

Secara simbolis, Walikota Santoso menyerahkan bantuan pembangunan rumah baru kepada warga penerima disaksikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar dan Pimpinan Bank Jatim.

“Kegiatan kali ini yakni menyerahkan secara simbolis bantuan rehabilitasi rumah, baik rumah baru, tingkat ringan, sedang dan sebagainya,” ungkap Walikota Santoso kepada awak media usai kegiatan.

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan dari pantauan Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, di Kota Blitar masih banyak rumah yang tidak layak huni yakni sekitar 2000 unit lebih. Untuk itu sudah dirancang hingga 2021 ini akan dapat menyelesaikan rehab rumah sebanyak 1200 unit.

“Untuk sisanya, nanti akan diselesaikan untuk tahun berikutnya. Karena tidak mungkin diselesaikan dalam waktu satu tahun, yang penting, dari tahun pertahun selalu ditargetkan, sehingga nanti pada 2024 paling tidak 2000 lebih unit rumah terselesaikan,” jelasnya.

Sambung Santoso mengungkapkan, bantuan tersebut termasuk didalamnya bantuan dari Bank Jatim dalam bentuk CSR dan paling tidak menambah jumlah rumah yang akan diperbaiki.

“Untuk anggaran total berjumlah 4 milliar, yang terdiri dari dana APBD dan DAK,” bebernya.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaanya semua dananya ditransfer melalui Bank Jatim, nantinya dana transferannya digunakan untuk pembelian material untuk perbaikan sekaligus untuk pemberian ongkos para tukang yang mengerjakan.

“Kita berharap, dalam pengerjaannya bisa melibatkan warga masyarakat dengan istilah proyek padat karya dan tidak menutup kemungkinan jika ada masyarakat yang ingin menyumbang juga dipersilahkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, Ir. Erna Santi M.T mengatakan, bantuan pembangunan rumah kategori rehab berjumlah 97 unit, sedangkan untuk pembangunan baru berjumlah 10 unit.

Lanjutnya, dari dana DAK untuk rehab kategori berat sebanyak 140 unit rumah. Tahun ini dari dana APBN, Kota Blitar mendapatkan alokasi untuk 77 penerima bantuan. “Jadi total untuk tahun ini sejumlah 324 unit rumah yang ditangani melalui program peningkatan kualitas rumah tidak layak huni dan pembangunan baru,” imbuhnya. (Hms/Adv).

 

 

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.