Wali Kota Blitar Buka Seminar Nasional Peringatan Hari Peduli Autis Sedunia

NUSANTARATERKINI.COM, BLITAR

Wali Kota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd secara resmi membuka Seminar Nasional memperingati Hari Peduli Autis Sedunia dengan tema “Inclusive, Quality Education For All” yang diselenggarakan di Balaikota Kusumo Wicitra, Rabu (25/05/2022).

Seminar yang digelar oleh Pusat Layanan Disabilitas Kota Blitar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan itu menghadirkan narasumber Dra. Kustiatun Widianingsih, Dosen dan penggerak pendidikan inklusi Provinsi Jatim dan Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd, guru besar Universitas Negeri Malang.

Dalam sambutannya, Wali Kota Santoso berharap disaat memperingati Hari Peduli Autis Sedunia dan Hari Pendidikan Nasional ini bagaimana harus tetap eksis memberikan pendidikan kepada Anak-anak berkebutuhan khusus.

“Siapapun tidak pernah berkeinginan putra-putrinya mendapatkan pendidikan khusus. Karena memang kodrat yang diterima, apapun bentuknya itu adalah amanah Tuhan yang harus dilakukan, bagaimana mereka tetap mendapatkan yang sama dengan anak pada umumnya,” jelasnya.

Lanjutnya, mengingat hal tersebut juga diamanahkan oleh UUD 1945, bahwa setiap warga berhak mendapatkan pendidikan. Sedangkan untuk memenuhi fasilitas infrastruktur pendidikan itu menjadi tanggung jawab negara.

“Mencermati dari amanah itu, maka Pemerintah Kota Blitar mendirikan Autis Center dan menjadi pusat percontohan ditingkat nasional,” bebernya.

Ia mengakui, untuk munuju sampai terwujudnya itu semua membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Untuk itu tinggal bagaimana Autis center yang dibangun itu tetap dikembangkan.

“Untuk itu, saya berharap dalam seminar ini betul-betul menjadi bagian dari upaya untuk mencari terobosan, strategi, masukan yang nanti disampaikan oleh narasumber,” imbuhnya. (Rid/Kmf/Adv)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.