Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Wajib Diketahui, 7 Khasiat Daun Singkong

Loading...

Singkong atau ketela merupakan tanaman umbi-umbian yang kerap dijadikan pengganti makanan pokok. Singkong mudah ditemui di pasaran dan banyak tumbuh di berbagai kondisi tanah Indonesia.

Selain umbinya yang kaya dengan manfaat, Daun singkong juga mengandung nutrisi penting termasuk vitamin, protein, mineral dan asam amino alami, yang mana semuanya mengandung masing-masing manfaat.

Protein yang terkandung dalam daun singkong bermanfaat membentuk sel tubuh dan melancarkan sistem enzim dalam tubuh. Selain itu, masih banyak manfaat daun singkong lainnya untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah segudang manfaat daun singkong untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:

  1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Selain mampu meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C yang terkandung dalam daun singkong juga baik untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Sistem imun dan daya tahan tubuh yang kuat, akan membuat kita jauh dari serangan penyakit.

  1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat daun singkong selanjutnya ialah mampu meningkatkan imunitas tubuh, karena daun singkong mengandung folat dan vitamin C yang tinggi. Dua kandungan ini mampu melawan bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit.

  1. Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan zat besi yang tinggi pada daun singkong sangat bermanfaat bagi ibu hamil dalam mengatasi masalah anemia. Mengonsumsi daun singkong saat hamil juga dapat meningkatkan jumlah folat dan vitamin C yang sangat penting bagi perkembangan janin dalam kandungan. Ibu hamil bisa mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi sayur.

  1. Menjernihkan Penglihatan

Masalah penglihatan yang buruk ternyata juga bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi daun singkong. Kita bisa mengolah daun singkong bersama bawang putih dan garam, lalu mengonsumsinya bersama nasi.

  1. Mengobati Penyakit Cacingan

Selain penyakit Kwashiorkor, penyakit cacingan juga dapat diobati dengan menggunakan daun singkong yang direbus hingga matang. Untuk mengatasi masalah cacingan, kita juga bisa meminum air rebusan daun singkong yang telah dicuci bersih secara rutin.

  1. Meredakan Rematik

Daun singkong mengandung magnesium yang tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko rematik. Manfaat daun singkong yang satu ini bisa didapatkan dengan merebus 150 gram daun singkong dan menambahkan akar jahe, garam, dan daun jeruk.

  1. Mengobati Stroke

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh sebagian besar orang Indonesia. Dengan kandungan isoflavon yang ada di dalam daun singkong, dan mengonsumsinya secara rutin, penyakit stroke dapat teratasi.

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.