Terbit : 10 September, 2019 - Jam : 21:28

Wabup Tapsel: Situs Perjuangan Melawan Penjajah Perlu Dikembangkan

Loading...

Padangsidimpuan – Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Aswin Siregar mengatakan, bahwa situs-situs perjuangan melawan penjajah yang ada di Tapsel sangat perlu untuk dikembangkan, seperti Benteng Huraba dan Makam Pahlawan Huta Tengger.

Hal ini, Aswin sampaikan saat menghadiri HUT Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke-62 di Markas LVRI Tapsel-Padangsidimpuan, di Jalan Raja Enda Mora, Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Selasa (10/9).

“Itu kan suatu kenangan yang dapat kita buat indah,” tutur Aswin.

Menurutnya, dengan keberadaan situs perjuangan yang ada di Tapanuli Selatan bila dijaga dan dilestarikan bisa menjadi pengingat bagi generasi penerus.

“Jadi anak generasi kita bisa melihat, bahwa perjuangan-perjuangan para pejuang di Bumi Tapsel ini melawan penjajah benar-benar gigih,” ujar Aswin.

Baru-baru ini, Dosen peneliti sejarah dari Universitas Leiden Belanda, Dr. Bart Luttikhuis, melakukan kunjungan ke Kabupaten Tapsel. Kunjungan Dr. Bart Luttikhuis ke Tapsel adalah untuk mengetahui beberapa sejarah yang ada di Tapanuli Selatan khususnya Sipirok.

Kunjungan Dr. Bath Luttikhuis itu, disambut baik oleh, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel, Parulian Nasution di ruang kerjanya, Kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok.

Memang Kabupaten Tapsel tidak diragukan lagi sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera yang memiliki nilai sejarah dalam perjuangan bangsa, melawan penjajah demi mempertahan Republik Indonesia. (Idham Siregar).

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.