Terbit : 27 Agustus, 2019 - Jam : 21:44

Wabup Aceh Tamiang: Adat Istiadat Perekat Keharmonisan Masyarakat

Loading...

Aceh Tamiang – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang memberikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Kelembagaan Adat yang diselenggarakan oleh Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Tamiang di Aula Masjid Pancasila Kampung Benua Raja, Kecamatan Ratau, Selasa (27/08/19).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin,ST. dan mengangkat tema “Mari Kita Wujudkan Masyarakat Aceh Tamiang yang beradab”.

Pembinaan dan Pengembangan Kelembagaan Adat diselenggarakan guna untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pelaku lembaga adat dalam melaksanakan pembinaan dan pelestarian adat-istiadat yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Wakil Bupati dalam arahannya menyebutkan, Aceh memiliki keragaman yang etnis yang merupakan kekayaan budaya yang dimiliki provinsi paling barat ini. Karenanya, Wabup menganggap kegiatan ini perlu diselenggarakan sebagai bentuk pembinaan kehidupan adat-istiadat yang telah menjadi perekat dan pemersatu di dalam kehidupan masyarakat.

“Adat-istiadat yang dulu menjadi perekat keharmonisan masyarakat sudah mulai ditinggalkan, hal ini jangan kita biarkan. Harus ada upaya komprehensif yang kita lakukan bersama, agar ia tidak hilang tertelan zaman,” kata Tengku Insyafuddin.

Dijelaskan, di era ini, tatanan kehidupan masyarakat tanpa batas dan sudah menjadi tugas kita bersama untuk membangkitkan kembali peradaban di Bumi Muda Sedia. Hal ini sejalan dengan sambutan yang sebelumnya disampaikan oleh Ketua MAA Abdul Muin,” imbuhnya.

Tampak hadir dikegiatan ini Khatibul Wali Naggroe Aceh, Usman. Ia turut menjadi pemateri pada kegiatan yang diikuti oleh 150 orang peserta, yang terdiri dari ketua MDSK dan Anggota, Datok Penghulu, Kepala Mukim, Lembaga Adat dari unsur Harian Pekan, Kejruen Blang, Pawang Lebah, Pawang Laut dan para tokoh masyarakat. [Afrizal]

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.