Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Via Webinar, Bupati Blitar Rijanto Ajak Kader Kesehatan Siap Hadapi New Normal Life

Loading...

Blitar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar bersama kader kesehatan diwilayah Kabupaten Blitar menggelar seminar web (Webinar) untuk mensosialisasikan masalah kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

Webinar dengan mengusung tema ‘Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan dimasa Covid-19’ itu, digelar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Kamis (02/07/2020). Sebagai narasumber, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr. Kuspardani dan Kabid Kesmas Dinkes Provinsi Jawa Timur, drg. Vitria Dewi, MSi.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Blitar Marhaenis UW, serta dipandu moderator Sekretaris Dinkes Kabupaten Blitar, Agus Suparnadi.

“Hari ini kita mengadakan Webinar tentang kesehatan dengan tema ‘Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan Dimasa Pandemi Covid-19’ dengan narasumber dari Jawa Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dan saya sendiri,” kata Bupati Blitar Rijanto ditemui awak media usai acara webinar.

Tadi, kata Rijanto, menyampaikan materi terutama masalah perkembangan Covid-19 di Kabupaten Blitar, sedangkan narasumber dari Jawa Timur menyampaikan materi tentang posyandu dan peran kader kesehatan dalam membantu pemerintah untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di posyandu.

Ditambahkannya, pihaknya bersama Forkopimda saat ini sedang getol untuk melauncing kampung, ponpes, pasar dan stasiun tangguh semeru. Menurutnya tentu posyandu juga masuk didalamnya.

“Kalau posyandu-posyandu ini dengan adanya webinar semacam ini arahnya nanti akan terbentuk posyandu tangguh semeru. Maksudnya posyandu ini nanti akan betul-betul siap menghadapi new normal life,” tandas Bupati.

Untuk kriteria, menurutnya apa yang disiapkan posyandu-posyandu adalah sarana dan prasarana, SDM, serta mekanisme kerja di posyandu. “Sehingga kalau posyandu itu didalam menerapkan protokol kesehatan, meskipun dengan sederhana, tapi sudah memenuhi syarat kesehatan, maka sudah bagus,” jelasnya.

Kemudian untuk SDM, tambahnya, tentunya diperlukan pelatihan-pelatihan dan bimtek, termasuk diselenggarakan webinar seperti ini. “Jadi dengan acara webinar ini sangat bagus sekali dalam kondisi kita semua menghadapi pandemi Covid-19,” kata Rijanto.

Selanjutnya untuk mekanisme, Bupati Rijanto menyampaikan, tentunya dalam sistem kerja ini yang penting protokol kesehatan harus ditaati.

Terakhir, Rijanto berpesan, kader kesehatan adalah pengabdi dan pekerja keras secara ikhlas, tentunya mereka sangat membantu pemerintah untuk bagaimana masyarakat derajat kesehatannya semakin meningkat, mereka mempunyai tugas yang sangat mulia untuk memantau perkembangan tumbuh kembang balita dan ibu hamil.

“Kalau tidak pantau perkembangannya, tentunya akan mempunyai resiko yang sangat tinggi, terutama dengan adanya wabah virus corona. Oleh karena itu, saya atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih kepada para kader kesehatan yang ada di desa-desa di wilayah Kabupaten Blitar,” pungkasnya. (Kmf/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.