Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Usai Hiu Tutul Terdampar, Kini Jutaan Ikan Loncat Ke Daratan Kembali Hehohkan Warga Jember

Loading...

Jember – Kawasan wisata pantai Tanjungsari Dusun Jeni Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dalam 3 hari terakhir ini menampakkan gejala alam yang tidak biasa.Fenomena ini, membuat sebagian orang merasa was-was dan bertanya-tanya, pertanda alam apakah ini?.

Kemarin, usai geger kemunculan hiu tutul berukuran besar dipinggir pantai yang terdampar di jaring nelayan, hingga warga mencincang dagingnya untuk di konsumsi.Kini warga kembali dihebohkan dengan jutaan ikan siak-siak (anakan lenguru dan tongkol) berloncatan naik ke daratan.Senin, (6/7).

Seperti rejeki turun dari langit, warga pun berhamburan menuju ke pantai, mereka saling berebut ikan yang tinggal memungut saja tergeletal berserakan di sepanjang pesisir pantai Tanjungsari.Peristiwa langka ini, bagi warga nelayan adalah sebuah keberkahan dari yang Maha Kuasa.

Menurut Kasim Ashari, seorang tokoh nelayan setempat menyebutkan, kemunculan jutaan ikan siak-siak melompat kedaratan pantai Tanjungsari terjadi sejak 3 hari yang lalu.

“Mulai hari Sabtu ikan itu terdampar semua, malam ini tambah banyak.Kemarin ada yang dapat 3 tripung, perkiraan beratnya 300 kg,” ujar Kasim.

Lanjut Ashari, kejadian alam seperti ini bagi nelayan setempat, merupakan hal yang biasa dan sering terjadi setiap tahunnya, terutama memasuki bulan 7 hingga 9.Namun peristiwa kali ini, memang jumlahnya lebih banyak dibanding kejadian sebelum-sebelumnya.

Hal ini, terangnya, disebabkan ikan-ikan kecil dikejar oleh ikan besar, sehingga berlarian menyelamatkan diri hingga meloncat ke pesisir pantai, ”

“Yang sering di pantai Tanjungsari, karena itu kawasan teluk, jadi gerombolan ikan ya di situ tempatnya, ” jelas Ashari. (tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.