Usai Debat, Dukungan Ke Rohidin Kian Menguat

Bengkulu- Debat kandidat Pilgub Bengkulu 2020 sudah digelar. Masyarakatpun, mereview dan memberikan penilaian usai debat pertama, yang disiarkan langsung melalui berbagai jaringan.

Matsan (67) warga Desa Tanjung Ganti Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur mengatakan, dari ketiga pasang kandidat Cagub dan Cawagub Bengkulu Pilkada 2020, Rohidin Mersyah merupakan kandidat yang menunjukkan performa cemerlang. Menurutnya, program yang dipaparkan sangat komplit dari proyek strategis, program pertanian, hingga persoalan pemberdayaan perempuan.

“Kami dengar jugo debat semalam, pak Rohidin paling cemerlang. Programnya lengkap, dari yang hal besar sampai soal pemberdayaan perempuan. Soal pertanian juga, tidak hanya handtraktor tapi disesuaikan kebutuhan, alat hingga pupuk,” ucap Matsan jelang kedatangan Rohidin ke Kelam Tengah Kabupaten Kaur, Selasa (10-10-2020)

Berbeda dengan tokoh masyarakat, Supardi (70) warga Desa Simpang Tiga Kaur Utara. Dirinya mengaku tak secara lengkap mengikuti debat kandidat. Namun dirinya menilai kandidat dari rekam jejak. Kesimpulannya, program kerakyatan masing-masing calon, menurut Supardi, tak jauh berbeda, tapi Rohidin semakin meyakinkan karena berpengalaman dan tak ada catatan buruk.

“Ado yang nelpon anak ponakan dari Jakarta, katanya kalau Bengkulu nak elok, milihlah Rohidin. Rohidin yang bakal buat Bengkulu maju, kito yang di perantauan ni nak nengok jugo Bengkulu maju,” cerita Supardi yang membandingkan dengan salah satu calon dengan catatan kelam.

Sebelumnya, Angga (24) warga Lebong yang tinggal di Kota Bengkulu usai menonton debat melalui streaming Youtube menginginkan ada materi remaja masuk dalam debat kandidat berikutnya. Debat pertama, katanya soal program, hanya pasangan nomor urut 2 yang secara jelas dan tegas menjelaskan majunya Bengkulu harus dibuka konektivitas.

“Ada yang berulang ngomong soal perut ada soal janda. Padahal kemiskinan Bengkulu bukan soal kelaparan, tapi daya beli yang lemah. Yang memaparkan soal membuka keterisolasian cuma nomor 2. Pak Rohidin jelas memaparkannya. Kita tunggu tema remaja,” harap Angga.

Menanggapi beberapa review debat dari masyarakat, politisi Partai Golkar Samsu Amanah mengatakan masyarakat bisa menilai dari penampilan dan paparan masing-masing calon. Debat maupun kampanye dialogis, tentu miliki efek elektabilitas bagi seluruh calon. Menurutnya, masyarakat yang belum menentukan pilihan, sudah bisa mulai dekat dengan pilihannya. Apalagi untuk masyarakat yang berprofesi sebagai petani.

“Pasangan Cagub Nomor urut 2 miliki program bantuan alat mesin pertanian yang lengkap. Tak melulu handtraktor, karena petani kita ada yang sawah, ada juga yang berkebun,” tutur Samsu Amanah mengklaim Rohidin-Rosjonsyah lebih unggul.

Datangnya kandidat lain yang miliki basic sama yakni Serawai – Rejang, Samsu mengakui akan berdampak pada perolehan suara. Kendati demikian, dirinya yakin Rohidin-Rosjonsyah tetap mendapatkan porsi keterpilihan tertinggi.

“Ada yang pindah, biasa saja. Kan ada yang memang keluarga dekat atau sanak misalnya, mereka pasti memilih sanak. Besar atau kecil tentu berubah perolehannya. Tapi kita yakin, Rohidin-Rosjonsyah bakal mampu memenangkan karena program-program lanjutan yang makin diperkuat, rekam jejak yang bersih,” optimistis Samsu.

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.