Update Pasien Positif Covid-19 di Paluta

Paluta, Nusantaraterkini.com – Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) kembali bertambah. Dalam dua hari terakhir tercatat ada 6 kasus baru positif Covid-19.

“Hari ini ada 4 orang pasien positif yang bertambah, SHN (54) warga desa Bangun Purba, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, PHH (24) warga desa Bangun Purba, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, SMS (27) warga Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, dan EDH (31) warga desa Sayur Matinggi, Kecamatan Batang Onang,” dikutip dari Siaran Pers Nomor: 02/SATGAS C-19/XII/2020, Selasa malam (8/12) pukul 21.50 WIB.

Lebih lanjut, dijelaskan, kasus baru tersebut diketahui setelah dilakukan pengambilan swab test secara sukarela kepada Nakes dan masyarakat di Padang Bolak Tenggara dan Batang Onang.

Atas hasil Swab tersebut, Dinkes Paluta menyarankan kepada pasien untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing untuk kemudian direncanakan akan diisolasi di tempat isolasi terpadu Hotel Purba Margana menunggu kesiapan para pasien untuk dipindahkan.

Juru bicara Satgas Covid-19 Paluta, Lairar Rusdi Nasution SSTP MM juga mengungkapkan, sebelumnya pada hari Senin (7/12) ada 2 penambahan pasien positif Covid-19. Dua orang tersebut merupakan Tahanan Pengadilan A3 (tahanan pengadilan yang sudah menjalani persidangan) Kepolisian Resor Tapanuli Selatan (Polres Tapsel).

Lairar menyebutkan, sampel swab 2 pasien tersebut diambil pada tanggal 3 Desember 2020 lalu. Saat ini keduanya masih berada di tahanan Polres Tapsel dan sedang menjalani observasi untuk menentukan tindaklanjut penanganan pasien.

Selain penambahan kasus positif, disebutkan terdapat satu orang pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni MSN (31) warga desa Batu Gana, Kecamatan Padang Bolak Julu.

Tak lupa Lairar mengimbau kepada segenap lapisan masyarakat untuk tetap waspada dan berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap menerapkan 4M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menghindari keramaian.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Selatan, AKBP Roman S Elhaj saat dikonfirmasi membenarkan 2 orang tahanan A3 (hakim/pengadilan) yang masih ditahan di RTP Polres Tapsel dinyatakan positif Covid-19.

“Setelah dinyatakan positif Covid-19 terhadap TAW dan AH, rencana sore ini (Selasa) menunggu kedatangan Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Paluta dan JPU untuk diisolasi di Hotel Purba Margana, di Aek Godang,” seperti dikutip dalam pesan WhatsApp Kapolres Tapsel, Selasa sore (8/12) pukul 17.00 WIB.

Berdasarkan informasi terbaru Covid-19 di Kabupaten Paluta pada hari Selasa (8/12) tercatat ada 8 orang pasien konfirmasi (positif Covid-19), suspek 3 orang, pasien sembuh 94 orang dan 2 orang meninggal dunia. (AYH)

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.