Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Upaya Pengawetan Jalan TMMD Reguler Banyumas Terus Dilakukan Masyarakat Petahunan Swakarsa

Loading...

Banyumas – Himbauan kepada warga masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, untuk merawat hasil TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, tampak pada foto.

Mbah Wasiah (64), baju biru, salah satu warga Dukuh Semingkir RT. 05 RW. 03, Petahunan, secara kesadaran sendiri juga membuat saluran air di depan rumahnya dan sekitar jalan beton TMMD. Sabtu (1/8/2020).

Serka Eko Budi Wiyono, Babinsa setempat dari Koramil 15 Pekuncen, Kodim Banyumas mengatakan, kepedulian dan gotong royong warga desa binaannya itu memang masih tinggi.

Tak hanya menyumbangkan tenaga dan makanan atau minuman, bahkan sebagian warga merelakan tanahnya dipangkas untuk pelebaran rabat beton menuju sawah dan ladang warga setempat serta jalan menuju Obyek Wisata Curug Nangga yang berada di ujung beton 1,8 kilometer lebar 3,75 meter.

“Memang waktu Satgas TMMD Reguler 108 Banyumas tak banyak untuk membuat parit, yaitu hanya 3 hari saja. Namun upaya itu diteruskan warga pasca TMMD, sebagai upaya pengawetan jalan,” ucapnya.

Dijelaskannya, selain jalan beton dengan ketebalan 20 centimeter itu, sasaran infrastruktur yang dibangun melalui TMMD adalah 1 unit jembatan 6 x 2,3 meter, dan 3 unit gorong-gorong.

Sasaran tambahannya adalah rehab 3 unit RTLH, dan pembuatan talud di sejumlah titik jalan berpotensi longsor sebagai sarana penguat beton tersebut, dan juga pelebaran lapangan desa dari yang semula berukuran 40 x 60 meter, menjadi 60 x 85 meter dengan excavator, serta rehab lantai TPQ Daruththolibin, di Dukuh Semingkir RT. 01 RW. 03, memanfaatkan sisa material pengecoran jalan.

Sementara disampaikan Sekdes Petahunan, Sukmono (37), pihaknya secepatnya akan membahas dalam Musdes, tentang pembangunan saluran drainase di kanan kiri jalan TMMD, dan itu adalah prioritas pembangunan fisik desa selanjutnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.