Terbit : 25 Oktober, 2019 - Jam : 13:18

Unik, Satgas TMMD Reguler Cilacap Hadirkan Andong Perpustakaan Keliling Untuk Meningkatkan Literasi

Loading...

Cilacap – Ada yang unik dari apa yang dihadirkan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap kali ini dalam kegiatan non fisik program.

Untuk lebih menarik minat baca anak-anak di lokasi pembangunan, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, delman difungsikan sebagai perpustakaan keliling.

Dibenarkan Dansatgas TMMD, Letkol Infanteri Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han), bahwa dalam membangun aspek non fisik TMMD bidang pendidikan, pihaknya melakukan terobosan sambil membaca dapat memegang kuda.

“Kami menghadirkan delman perpustakaan keliling di Desa Cilibang untuk lebih memberikan warna jelang berakhirnya pembangunan (31/10). Untuk yang kami standbykan adalah 1 unit mobil elf perpustakaan keliling milik Kodim,” terangnya, Jumat (25/10/2019).

Dijelaskannya lanjut, delman dan pemiliknya, Suparjo (59), sengaja didatangkan dari Desa Sawangan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jateng.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan literasi atau kemampuan baca dan tulis anak-anak setempat. Dengan referensi buku bacaan ini, diharapkan mereka lebih rajin belajar dan lebih tanggap saat menerima pelajaran di sekolah,” imbuh Wahyo.

Sementara dikatakan kusir delman warga Desa Sawangan RT/RW. 3 tersebut, bahwa dirinya sangat bahagia bisa menjadi bagian dalam kegiatan TMMD Reguler Kodim Cilacap. Pun tentunya dengan rejeki dari sewa yang diterimanya selama satu minggu atau sisa waktu pembangunan TNI di Cilibang, sangat membantunya dari segi ekonomi bapak 4 orang anak dan 5 cucu ini.

Terobosan ini mendapatkan respon positif dari Harsini (40) pengajar PAUD Al Hikmah asal Dusun Kalirau RT. 02 RW. 03, Cilibang. Ia menilai anak didiknya tervasilitasi dalam mencari informasi melalui buku bacaan.

“Terima kasih Pak Dandim, anak-anak kami jadi semangat membaca,” ujar Harsini mengapresiasi. (Budi/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.