Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

UMKM Brilian Bumiayu Dapat Lahan Baru Pengembangan Sayap Berkat Jalan TMMD Brebes

Loading...

Brebes – Ibu-ibu dari UMKM Brilian Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pertama kalinya melakukan silaturahmi dengan masyarakat Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, berkat adanya akses jalan baru sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, yang menembus dusun tersebut dari Dusun Karanganyar, Kalinusu.

Disampaikan Nur Faritoh, Ketua UMKM Brilian Bumiayu, bahwa dirinya ikut senang dengan adanya jalan tembus ke Dusun Kedung Kandri yang dibangun melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes sejak tanggal 22 September – 21 Oktober 2020, sehingga membuka keterisoliran selama puluhan tahun.

“Bagi kami, jalan hasil TMMD Reguler itu juga memudahkan para petugas penyuluh dari UMKM Kecamatan Bumiayu, untuk menjalankan tupoksi kami dalam membina warga Kedung Kandri,” ucapnya, Minggu (25/10/2020).

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Brebes, TNI, dan seluruh pihak yang telah mewujudkan harapan seluruh warga di dusun tersebut, sehingga kini kendaraan roda empat bisa leluasa mengakses Kedung Kandri dengan jalan selebar 4-6 meter itu.

Kini dengan adanya akses jalan itu, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desa/kecamatan tetangganya, Bantarkawung, karena mereka bisa mendapatkannya di desanya Kalinusu dengan langsung melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor.

“Kedatangan kami untuk memperkenalkan apa itu UMKM kepada warga Kedung Kandri, sehingga diharapkan kedepan tumbuh kerajinan-kerajinan lokal sehingga menambah pemasukan ekonomi keluarga,” tandasnya.

Dijelaskannya lanjut, UMKM adalah kegiatan silaturahmi sekaligus untuk menampung olahan hasil pertanian, dimana biasanya hasil panen dari kebun langsung dijual ke pasar.

“Kami berharap kedepan warga Dusun Kedung Kandri mempunyai kreativitas untuk mengolah hasil panen atau hasil kerajinan tangan, untuk menjadi oleh-oleh bernilai ekonomis,” pungkasnya.

Di akhir kunjungan, Nur Faritoh yang didampingi Bambang Priambodo, SP, Kasi Tanaman Produksi Dintanhan Kabupaten Brebes, secara simbolis menyerahkan parcel yang berisi bermacam-macam keripik hasil olahan pertanian, yang diharapkan dapat menginspirasi. (Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.