Uang Makan PNS Puskesmas Kota Dikemanakan?

NusantaraTerkini.Com – Publik mendadak kaget setelah beredar informasi bahwa selama kurun waktu Januari-Juli 2016, PNS Puskesmas se-Kota Bengkulu tidak mendapatkan haknya, berupa uang makan. Padahal uang makan tersebut telah dianggarkan dalam APBD tahun 2016. Menjadi pertanyaan besar hari ini, Uang Makan PNS Puskesmas Kota Dikemanakan?

Adalah Anggota DPRD Kota Bengkulu Bahyudin Basrah yang mempertanyakan hal ini. “Kita pertanyakan, kenapa uang makan PNS Puskesmas di Kota Bengkulu ini tidak dibayarkan. Padahal dalam pembahasan APBD semua PNS di Kota Bengkulu ini dapat uang makan kecuali guru,” kata Bahyudin.

Hasil konfirmasi ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, terungkap bahwa anggarannya tidak cukup. Hal ini tentu saja mengundang pertanyaan besar Mahyudin. “Kenapa bisa tidak cukup? Kita sudah menganggarkan itu,” ketusnya.

Karenanya ia berpandangan bahwa ada pengalihan anggaran yang dilakukan pihak Dinkes atau justru ada permasalahan lain. Tapi kalau anggaran tersebut dialihkan, Dinkes harusnya berkonsultasi dulu ke DPRD. “Ini kan ada aturan Perda, seharusnya kalau ada kebijakan lain dikonsultasikan dahulu ke dewan,” tandas Bahyudin.

Di sisi lain, Sekda Kota Bengkulu Marjon mengaku tidak mengetahui perihal belum dibayarnya uang makan untuk PNS Puskesmas tersebut. Kendati demikian, Marjon akan menurunkan tim untuk menyelusuri kenapa uang makan yang menjadi hak PNS Puskesmas belum dibayarkan.

“Kalau itu tidak dibayarkan artinya itu persoalannya ada pada SKPD yang terkait bukan di tingkat Sekda lagi. Ini akan kita telusuri kenapa itu belum disampaikan, padahal sudah dianggarkan,” ungkap Marjon. [DS]

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.