Tujuan BPBD Brebes Edukasi Kebencanaan di Ciputih Salem

BREBES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes telah menggelar sosialisasi kebencanaan di Balai Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selasa (29/6/2021).

Pelaksana Lapangan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Brebes, Lukman, SH selaku pemateri mengatakan, sosialisasi kebencanaan sebagai salah satu materi di non fisik TMMD Sengkuyung Kodim 0713 Brebes penting diberikan ke warga Ciputih karena letak geografis wilayah Kecamatan Salem adalah perbukitan sehingga berpotensi bahaya longsor.

“Edukasi ke warga agar mereka tahu dan langkah apa saja yang dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” ujarnya.

Menurutnya, edukasi itu merupakan salah satu langkah mitigasi bencana untuk meminimalisir korban jiwa jika warga waspada, tangguh dan tanggap bencana.

“Jika masyarakat terampil atau tahu harus berbuat apa saat terjadi bencana maka tugas penanggulangan bencana yang dilakukan Pemda, BPBD, TNI-Polri, dan para relawan lainnya jelas akan lebih ringan dan mudah,” sambungnya.

Lukman meminta agar secepatnya lapor kepada pihak terkait jika melihat potensi terjadinya bencana.

Ia juga minta agar pemerintah desa memperbanyak pembuatan tanda jalur evakuasi dengan harapan masyarakat tahu kemana harus menyelamatkan diri saat bencana, termasuk memudahkan proses evakuasi yang dilakukan para relawan dalam proses tanggap bencana.

Sedangkan dalam tahap rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana, Pemdes juga diharapkan mampu dan mengerti apa tugasnya dalam membantu dinas terkait maupun para relawan. Pasalnya, rekonstruksi pasca bencana adalah pekerjaan yang paling berat.

Dalam kegiatan yang menghadirkan perwakilan warga sesuai protokol kesehatan ini, BPBD memberikan cinderamata kaos tanggap bencana. (Aan/Red)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.