Tugas Persit Multi Peranan Termasuk di Lokasi Pembangunan TMMD Tegal

Tegal – Tak banyak yang belum mengetahui peranan yang dilakoni Persit (Persatuan Istri Tentara) dalam mendukung tugas pokok TNI-AD. Di lokasi pembangunan TNI Manunggal Mambangun Desa (TMMD) Reguler 105 Tegal misalnya, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXII Kodim 0712 Tegal, dituntut multi peran.

Dijelaskan Ketua Persit Kodim Tegal, Ny. Candra Tilaar Richard Arnold, bahwa selain tugas mengurus rumah tangga dan menjadi kepala keluarga sementara saat ditinggal suami tugas, mereka juga terjun langsung membantu pekerjaan sesuai fungsinya di lokasi TMMD, yaitu Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

“Adapun anggota Persit Kodim Tegal di TMMD Reguler antara lain melayani keperluan para pejabat dan tamu undangan di tempat transit, membantu menyiapkan dan saat kegiatan bakti sosial, bahkan andil terdepan dalam kegiatan olahraga maupun hiburan,” ungkapnya, Minggu malam di Lapangan Desa Jatimulya saat acara panggung hiburan rakyat “Panggung Sehat dan Segar Tolak Linu” kerjasama PT. Sido Muncul, Indosiar dan Kodim. (4/8/2019).

Dalam acara yang dimeriahkan Artis Dangdut Bintang Pantura Indosiar tersebut, anggotanya juga ikut memotivasi masyarakat dengan menyumbangkan lagu di atas panggung. Pun sebelumnya, juga melaksanakan penyiapan dan membantu pelayanan dari petugas medis dalam pengobatan massal gratis, serta di garis terdepan dalam senam zumba massal.

“Itulah beberapa tugas Persit yang mungkin dianggap sepele namun penuh pengorbanan, baik itu sebagai kepala keluarga sementara maupun terjun langsung ke lokasi pekerjaan suami dengan meninggalkan anak di rumah,” imbuhnya.

Ditambahkannya singkat, Persit didirikan oleh Ratu Aminah Hidayat pada tanggal 3 April 1946 di Purwakarta, Jawa Barat. Mempunyai asas Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Dalam perkembangannya, Persit menyesuaikan organisasinya dengan reorganisasi TNI Angkatan Darat yang dimulai pada 1984. Dengan demikian, Persit menjadi organisasi kemasyarakatan yang berinduk pada organisasi kemasyarakatan Dharma Pertiwi. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.