Terbit : 10 Agustus, 2019 - Jam : 19:06

Tugas di TMMD Tegal Selesai, Babinsa Jatimulya Pacu Literasi Warga Binaannya

Loading...

Tegal – Berakhirnya kegiatan non fisik TMMD Reguler 105 Tegal, di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, bukan berarti selesainya tugas dari salah satu anggota Satgas TMMD, yaitu Serda Mursidi, anggota Koramil 05 Suradadi Kodim 0712 Tegal. Pasalnya, Mursidi merupakan Babinsa setempat.

Berbagai edukasi masyarakat dalam kegiatan non fisik TMMD melalui penyuluhan telah diberikan, yaitu penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, konsensus dasar nasional, bahaya Narkoba, rekrutmen prajurit TNI, lalu lintas, perilaku hidup sehat, pernikahan dini, pertanian, pembuatan pupuk organik dan penyuluhan pembuatan SIM.

Oleh karenanya, Babinsa terus berupaya memotivasi warga desa binaannya meningkatkan literasi. Terlihat, Roinah (45) warga Dukuh Bulak Banteng RT. 02 RW. 06, Jatimulya, mendapatkan kosakata baru dari surat kabar yang diberikan Babinsa kepadanya, di Kantor Balai Desa. Sabtu (10/8/2019).

Dikatakan Mursidi, “Inilah salah satu tugas Babinsa yang sangat kompleks dalam pendampingan kepada masyarakat di semua bidang, termasuk meningkatkan literasi warga khususnya ibu-ibu dusun yang kebanyakan di sawah atau dapur,” ucapnya.

Dikatakannya juga, peran orang tua khususnya ibu, sangat dominan dalam menumbuhkan minat dan kemampuan membaca anak-anaknya. Pasalnya, jika anak melihat kebiasaan orang tua membaca, maka mereka juga akan meniru kebiasaan positif tersebut. Terlebih surat kabar banyak memunculkan kosakata baru yang mungkin asing di telinga orang kampung, sehingga akan memacu mereka untuk mencari makna tersirat dan tersurat.

“Awal dari kesejahteraan keluarga, jika generasi didalamnya mempunyai SDM yang baik, sehingga kedepan mudah memilih sekolah favorit ataupun pekerjaan yang diinginkannya,” tandasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.