Toleransi Saat Lebaran Yang Diterapkan Prajurit TNI di Perbatasan

NusantaraTerkini.Com, Jayapura – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 501 Kostrad menggelar sholat Idul Fitri berjamaah dan dilanjutkan dengan kegiatan halal bihalal yang diadakan di Pos Komando Taktis (Kotis), Kampung Skouw, Distrik Muara Tami, Jayapura, Juma’t (15/6).

Pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri tersebut, kental terasa toleransi antar umat beragama di wilayah perbatasan RI-PNG.

Dimana saat prajurit yang beragama Islam sedang mengumandangkan takbir kemenangan dan melaksanakan sholat Id, prajurit yang beragama Nasrani melaksanakan pengamanan jalannya pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1439 H.

Dalam ceramah Idul Fitri yang disampaikan oleh Ustadz Zaenuri, ia menjelaskan agar selalu mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah.

Dan jadikanlah nikmat Allah SWT tersebut sebagai alat untuk meningkatkan kualitas Takwa kita kepada Allah SWT. Selain itu, Ustadz Zaenuri juga menjelaskan tentang Halal Bihalal, mengunjungi sanak saudara kita, dan saling maaf memaafkan.

Setelah sholat Idul Fitri berjamaah, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad mengundang seluruh jamaah untuk halal bihalal dengan seluruh prajurit yang berada di Pos Kotis.

Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Letkol Inf. Eko Antoni Chandra dalam sambutannya mengatakan, dirinya memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan kegiatan halal bihalal di Pos masing masing dengan tujuan agar para prajurit yang berada di pos-pos Perbatasan juga bisa merasakan suasana lebaran dan bisa berbagi kebahagiaan dengan masyarakat perbatasan.

Melalui kegiatan tersebut, Satgas 501 Kostrad berharap selain sebagai sarana untuk saling maaf-memaafkan, juga untuk menghilangkan celah perbedaan sekecil apapun.

“Jadikanlah perbedaan tersebut sebagai senjata untuk mengatasi segala permasalahan dalam kehidupan sehari hari. Semoga setelah Idul Fitri ini bisa menjadikan kita semua sebagai insan yang lebih baik lagi dari hari hari sebelumnya,” tutupnya. (FN)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.