Tokoh Pemuda Milenial Paluta Apresiasi Penyegelan PKS PT CIS

Paluta, Nusantaraterkini.com – Ketua Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (Gema Paluta) Julpian Harahap mengapresiasi langkah pemerintah daerah Padang Lawas Utara (Paluta) yang telah menyegel pabrik kelapa sawit PT Cahaya Inti Sawit (CIS) karena tidak memiliki izin.

“Sangat mengapresiasi sikap dan tindakan tegas Bupati Paluta Andar Amin Harahap menyegel pabrik kelapa sawit PT CIS yang berlokasi di desa Kosik Putih, Kecamatan Simangambat,” kata Julpian, Rabu (7/4) di Gunung Tua.

Selain mengapresiasi tindakan tegas yang dilakukan, pria kelahiran 1991 silam ini juga berharap kepada aparat penegak hukum agar sanksi atau proses hukum lainnya dijalankan terhadap perusahaan tersebut.

“Jangan hanya tindakan sanksi administrasi saja. Karena masih ada pelanggaran hukum yang dilakukan seperti pelanggaran Amdal, izin pemanfaatan lahan dari kementerian kehutanan dan lingkungan hidup dan izin-izin lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, mahasiswa Pascasarjana Universitas Sumatera Utara ini berharap kepada pemerintah daerah Paluta agar konsisten melaksanakan Perda Nomor 3 tahun 2019 tentang ketertiban umum.

“Sebab masih banyak lagi perusahaan di Paluta yang belum memenuhi syarat administrasi atau legalitas, baik perkebunan maupun industri dan usaha-usaha lainnya,” tegasnya.

Dijelaskannya, salah satu contoh perkebunan yang belum memiliki izin atau legalitas adalah Koperasi Perkebunan Kelapa Sawit Bukit Harapan I dan II yang luasnya diperkirakan lebih kurang 23000 hektare yang terletak di desa Aek Raru, Kecamatan Simangambat.

“Selain perusahaan perkebunan dan industri, ada usaha perhotelan di Gunung Tua yang menurut data yang kita miliki belum melengkapi izin-izinnya yaitu Hotel Mitra,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada hari Senin, (5/4) pemerintah daerah Padang Lawas Utara menyegel dan memberhentikan operasional PKS PT CIS di desa Kosik Putih, Kecamatan Simangambat. (AYH)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.