Ayo Gabung, Menjadi Jurnalis Profesional, di Seluruh Indonesia, Kontak : 082279249494

Tips Mengajarkan Anak Agar Kuat Berpuasa

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu – Keluarga merupakan landasan dasar tempat anak belajar baik dari perilaku maupun bimbingan orangtua. Anak merupakan penerus bagi kehidupan bangsa. Pendidikan akhlak dan karakter anak sebaiknya mulai distimulasi sejak dini oleh orangtua.

Bulan Ramadhan yang dikenal sebagai bulan penuh keutamaan dan berkah bagi umat Islam di dunia, bisa dijadikan moment yang tepat untuk pendidikan disiplin dan akhlak anak sejak dini.

Bagi anak-anak menurut Tuti, Ustazah di Bengkulu, bisa jadi puasa adalah sebuah tantangan tersendiri untuk mereka.

“Menahan rasa lapar dan haus apalagi jika anak-anak melihat makanan favorit nya, membuat anak-anak tidak tahan berpuasa,” ujar Tuti

Untuk itu, Tuti menyarankan, lakukan secara bertahap dapat mengajarkan anak berpuasa 3 – 4 jam. Lalu saat kita melihat anak cukup kuat berpuasa hingga pukul 10.00, perpanjang secara bertahap sampai pukul 12.00.

Lebih lanjut, lakukan kegiatan menyenangkan, misalnya mengaji, tidur siang namun bisa juga saat sore hari kita ajak anak jalan-jalan keliling hingga menunggu waktu berbuka,” paparnya

Tuti juga memberikan tips untuk membantu dalam pencernaan makanan anak selama bulan Ramadhan.
Berikut beberapa menu untuk sahur dan buka puasa bagi anak Ala Ustadzah Tuti :
Sahur:
Makanan: nasi dengan campuran sayuran, bubur ayam, tuna / telur
Minum: Susu, air putih, jus buah, teh.

Buka puasa;
Makanan: Nasi dengan kurma atau kari ayam, mi goreng,
Minum: air putih, jus buah, teh.

“Kita sebagai orang tua jangan memarahi anak jika belum mampu berpuasa sehari penuh. Seharusnya Sebaliknya, beri dukungan supaya anak merasa termotivasi untuk berpuasa di esok hari,” demikian Tuti. (Nadifa/Cw1)

Redomendasi
Comments
Loading...