Tips Agar Nasi Anda Tidak Cepat Basi

Nasi basi adalah salah satu masalah yang paling sering muncul ketika menanak nasi. Teksturnya yang lembek, bau tidak sedap, dan rasa yang berubah tentunya membuat nasi tersebut sudah tak layak untuk disantap.

Bagaimana cara membuat nasi agar tahan lama dan tidak cepat basi.?

Nah, disini kita akan memberitahu supaya bisa menghasilkan nasi yang pulen dan tahan lama, bisa simak beberapa tips berikut ini:

  1. Mencuci Beras dengan Bersih

Salah satu penyebab nasi basi adalah kebersihan beras yang kurang terjaga. Sebaiknya cucilah beras lebih dari sekali agar bakteri bisa hilang dengan sempurna. Setidaknya kamu bisa mencuci sampai tiga kali untuk mendapatkan beras yang bersih. namun sebaiknya jangan lebih dari tiga kali dicuci dengan air bersih. Mencuci beras lebih dari tiga kali justru dapat membuat beras kehilangan serat. Ini dapat terjadi pada beras-beras organik.

  1. Menyesuaikan Takaran Air dengan Beras

Memeriksa takaran air sangatlah penting bagi kualitas nasi yang dihasilkan. Ketika terlalu banyak memberikan air, tekstur nasi justru akan berair dan lembek, sehingga nasi lebih cepat basi, bahkan dalam hitungan jam. Jadi pastikan takaran air dengan beras sesuai. Perhatikan juga jenis beras yang akan dimasak karena setiap jenis beras memiliki takaran yang berbeda-beda.

  1. Memberikan Air Perasan Lemon pada Nasi

Cara lainnya untuk membuat nasi tidak cepat basi adalah dengan mencampurkan air perasan lemon atau jeruk pada beras. Setelah selesai mencuci beras hingga bersih, kamu bisa mencampurkan sedikit perasan air lemon, kira-kira setengah jeruk lemon untuk 1 kg beras. Air perasan lemon dipercaya dapat membuat nasi lebih tahan lama. Nasi yang dihasilkan juga akan lebih putih dan tidak mudah lembek. Jadi semakin menambah nafsu makan, nih.

  1. Jangan Menghangatkan Nasi Terlalu Lama

Saking sibuknya, terkadang kita lupa telah menghangatkan nasi terlalu lama di rice cooker. Mengkonsumsi nasi yang masih hangat memang bisa membangkitkan selera. Sayangnya, ada efek yang ditimbulkan dari kebiasaan tersebut, yaitu nasi akan berubah warna dan berair sehingga membuat kualitas nasi menurun.

Makan dengan nasi yang empuk dan wangi tentu akan memberikan kelezatan tersendiri ketika sedang makan.

 

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.