Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Tingkatkan Kemampuan Literasi Melalui Kelas Menulis dan Publikasi Artikel Internasional

Loading...

JEMBER – Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Jember (Unej) menyelenggarakan pelatihan penulisan dan publikasi artikel berbasis internasional, Kamis (28/11/2019) di aula lantai III Gedung Pascasarjana Unej.

Salah satu akademisi, Dr. Heru Santoso Wahito Nugroho mengatakan, mahasiswa dan akademisi harus memiliki komitmen tinggi dalam menulis karya ilmiah, selanjutnya dipublikasikan pada jurnal maupun prosiding bereputasi internasional.

“Dalam konteks ilmiah, kemampuan penulisan dan publikasi artikel ini sangat penting, karena menjadi faktor klasterisasi ranking perguruan tinggi,” ungkapnya.

Menurutnya, publikasi karya ilmiah merupakan alat untuk membangun reputasi individu mahasiswa dan akademisi di perguruan tinggi tempatnya mengabdi. Dengan bantuan internet, tentu artikel yang dimuat dapat dibaca dan disitasi akademisi di dunia internasional.

“Bagi insan akademis, penulisan dan publikasi artikel yang dihasilkan itu harus bersih, semakin berkualitas dan aman,” imbuhnya.

Dia menambahkan, tulisan dan publikasi artikel yang disitasi berarti telah mengandung konten layak secara ilmiah sebagai sumber kebenaran pengembangan keilmuan. Akademisi yang karya ilmiahnya banyak disitasi pun diindikasikan semakin baik, bukti indikator pengakuan dunia akademik terhadap eksistensi dan kualitasnya.

“Kita berikan pelatihan penulisan dan publikasi artikel berbasis internasional, langsung implementasi bagaimana menyusun artikel,” terangnya.

Sementara dosen Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Unej, Prof. Dr. drg. Ristya Widi Endah Yani berharap pelatihan ini dapat  memberikan manfaat, bagi mahasiswa dalam upaya publikasi artikel.

“Panitia bisa menghubungi beliau itu luar biasa, karena beliau termasuk orang yang jam terbangnya tinggi. Semoga dengan pelatihan ini dapat  memberikan manfaat bagi semuanya, karena syarat kelulusan mahasiswa adalah publikasi artikel,”ungkapnya.

Ketua Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Unej Dr. Isa Ma’rufi menambahkan, momok kelulusan adalah publikasi artikel. Sehingga momen pelatihan tersebut diharapkan, mahasiswa memiliki gambaran dalam menambahkan referensi sebagai tinjauan pustaka, sehingga hasilnya akan semakin baik.

“Kami merasa kegiatan ini sangat membantu, ada pelatihan penulisan dan publikasi artikel seperti ini, terutama bagi mahasiswa yang mau lulus yang salah satu syaratnya adalah publikasi jurnal” pungkasnya. (Abdus Syukur)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.