Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Tiga Warganya Positif Corona, Bupati Sekadau Tetapkan KLB Covid- 19

Loading...

SEKADAU – Kabupaten Sekadau resmi ditetapkan Keadaan Luar Biasa (KLB) Covid- 19, penetapan ini menyusul adanya tiga positif corona. Penetapan status KLB  dan penerapan isolasi ketat kepada pasien terkonfirmasi dibahas oleh Gugus Tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19) Kabupaten Sekadau pada Selasa (26/5/2020).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau H. Zakaria  Umar juga sebagai pelaksana harian Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 mengatakan, Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 tersebut yakni membahas atau merubah status Siaga Covid-19  kabupaten Sekadau menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), Isolasi ketat terhadap pasien Positif covid – 19.

Pada kesempatan sama , Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menyampaikan, total reaktif di Sekadau ada 35 orang. 8 orang sudah test swab. 

“Namun sudah kita isolasi mandiri, selanjutnya akan di Rapid Test ulang,” jelasnya. 

Langkah selanjutnya kata dia, akan melakukan tracking terhadap cluster Kuala Lumpur. Kemudian, akan dilakukan Rapid test di daerah pasar.

Karena sudah ada warga Kabupaten Sekadau yang sudah terkonfirmasi positif covid- 19, pihaknya mengusulkan KLB dan pembatasan berskala besar (PSBB) lokal bagi di wilayah yang sudah terkonfirmasi positif Covid- 19. 

Bupati Sekadau, Rupinus yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid- 19 mengatakan, langkah pertama agar dilakukan  isolasi ketat terhadap yang terpapar. 

“Kita isolasi di rumah kontrakan atau rumah sewa. Kecuali, setelah beberapa hari pasien tersebut bandel maka akan dikirim ke Provinsi. Mohon pengawasan juga dari Satpol PP, TNI-Polri,l dengan memakai alat pelindung diri (APD) lengkap. Jangan sampai pasien tersebut keluar dan harus suplai sembako,” tegas Bupati. 

Bupati Sekadau juga meminta agar dilakukan tracing atau penelusuran terhadap orang-orang yang berkontak langsung dengan yang positif. 

” Mulai hari ini kita terapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB),”katanya.(jr)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.