Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

THR dan Gaji ASN di OKU Selatan Hari Ini Dibayarkan

Loading...

OKU Selatan – Apa yang menjadi harapan dari para pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Ogan Komering Ulu (OK) Selatan, mengenai Tunjangan hari raya ( THR) yang semestinya di bayarkan sebelum hari raya, namun dikarenakan keuangan Kas daerah tidak mencukpi untuk melakukan pembayaran THR di akhir bulan Mei kemarin. Akhirnya, bisa tersenyum gembira pasalnya Gaji dan THR mulai hari ini sudah bisa di bayarakan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset daerah ( BPKAD) Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU) Selatan Rahmadtulah, S.S.TP, M.M mengatakan, pembayaran Tunjangan hari raya ( THR) hari ini sudah bisa di bayarkan, dikarenakan Dana Alokasi Umum (DAU) kabupaten OKU Selatan dari Pemerintah Pusat. Telah masuk ke kas daerah pada hari ini. Maka pembayaran THR dan gaji di bulan Juni tahun 2020 ini langsung disalurkan kepada seluruh ASN Se Kabupaten OKU Selan.

“Tentunya, penyaluran THR dan gaji di bulan juni ini sesuai dengan target dan menjadi prioritas utama yang harus diselesaikan, ” ungkap Rahmad, Jum’at ( 05/06/2020).

Ia juga, menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan penyaluran THR dan gaji, keterlambatan ini bukan lah disengaja, namun karena keuangan Kabupaten OKU Selatan dalam kondisi kurang baik. Kami sangat memaklumi dan menyadari betapa pentingnya THR dan gaji bulan Juni bagi seluruh ASN di OKU Selatan.

” Alhamdulilah, pendapatan daerah masuk secara bertahap, jika pendapatan daerah tidak masuk pada waktunya maka akan menganggu kebutuhan belanja yang menjadi kewajiban daerah, ” Jelasnya.

Sebelumnya, telah melengkapi segala sesuatu, dengan harapan di bulan Juni dana masuk sesuai waktunya dan pembayaran THR yang tertunda maupun gaji bulan Juni dapat diselesaikan di awal Juni.

Namun, sampai tanggal 02 Juni 2020 ternyata Dana Alokasi Umum (DAU) bulan Juni belum disalurkan oleh Pemerintah pusat, dan pembayaran THR kembali tertunda untuk awal Juni. Begitu juga, untuk pembayaran gaji di bulan Juni ada sebagian OPD yang belum disalurkan dan sebagian sudah disalurkan.

” Dan mengenai, pembayaran gaji bulan Juni di beberapa OPD dapat dilakukan dengan memanfaatkan sisa Kas Daerah di akhir Bulan Mei Tahun 2020, sedangkan untuk sebagian OPD lainnya THR dan Gaji bulan Juni menunggu disalurkannya DAU di bulan Juni, ” Katanya.

Pembayaran THR ini, berpedoman pada peraturan pemerintah (PP) RI Nomor 24 Tahun 2020, yang didalamnya mengatur bahwa pada Pasal 07 paling banyak THR diberikan antara lain gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan/tunjangan umum, ” tegas Rahmad.

Kemudian, pada PP no 24 tahun 2020 juga dijelaskan, bahwa untuk pegawai daerah dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD).

” Dalam pasal 15 ayat pertama, dijelaskan bahwa THR dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum Hari raya, dan Ayat Kedua dijelaskan THR sebagaimana pada ayat pertama belum bisa dibayarkan, maka THR bisa dibayarkan setelah Hari raya, ” tutupnya.(Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.