Terungkap, Sebelum Hancurkan ATM BRI, Pelaku Diduga Depresi Rusak ATM Mandiri

Jember- Peristiwa kriminal perusakan ATM di kantor Bank BRI unit Umbulsari Kabupaten Jember dengan menggunakan palu besar, yang terjadi pada Rabu sore kemarin oleh orang tidak dikenal, kini telah terungkap.Kamis, (29/10).

Ternyata, aksi kejahatan yang sempat menggegerkan warga dan video CCTV-nya viral di media sosial kali ini, dilakukan oleh orang yang diduga sedang mengalami depresi atau gangguan kejiwaan.
Menurut kabar, pelaku depresi karena tekanan pekerjaan dan masalah rumah tangga.

Sebelum menghancurkan ATM bank BRI, pelaku yang bernama Nurul Huda Efendi (41) warga Dusun Krajan Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas, terlebih dahulu merusak ATM Bank Mandiri yang berjarak sekitar 500 meter di sebelah utara ATM Bank BRI naas tersebut.

Belum diketahui informasi detail perihal perusakan ATM bank mandiri tersebut, sebab saat ini pihak bank sedang membuat laporan kejadian ini di Mapolsek Umbulsari.

Kapolsek Umbulsari AKP Mugiantoro SH mengakui, jika pelaku yang saat ini diamankan di Mapolsek untuk menjalani pemeriksaan sedang mengalami gangguan kejiwaan.Meski demikian, Ia tidak mau berandai-andai, pihaknya tetap melakukan Standar Operasional Pemeriksaan (SOP) dengan melakukan tes kejiwaan kepada ahli.

“Langkah selanjutnya melakukan pemeriksaan terhadap saksi, juga mendalami dari pelaku itu sendiri, karena pelaku ini sementara diduga mengalami gangguan jiwa, ” katanya.

Ia menyebutkan, uang yang ada di ATM sementara masih utuh, dan saat ini sedang dicek kebenarannya.

“BB yang diamankan 1 palu besar, 2 buah obeng dan 1 unit sepeda motor jenis Vario tahun 2019 warna putih, ” lanjut Mugiantoro.

Mugiantoro menambahkan, Pelaku saat ditangkap tidak melakukan perlawanan.Sementara pasal yang terapkan yaitu percobaan pencurian yang lebih utama pengrusakan dengan ancaman hukuman maksimal diatas 4 tahun. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.