Terkait Warga Dibawah Garis Kemiskinan, Camat Neglasari Akan Bangun Ketahanan Pangan dan UMKM 

TANGERANG, NUSANTARA TERKINI.Com – Berkaitan Warga dibawah garis kemiskinan yang tinggal di Kawasan Gang Sadiih RT 03/03 Kedaung Baru Kecamatan Neglasari Kota Tangerang yang hidupnya dalam kondisi cukup memprihatinkan.

“Semoga sebentar lagi, Warga di Kecamatan Neglasari Kota Tangerang akan kita upayakan keluar dari ketertinggalan. Meski harus ada upaya kerja sama antar lembaga Pemerintahan tingkat UKPD, SKPD dan Perusahaan di lingkungan Neglasari terutama di bidang ketahanan pangan, lapangan pekerjaan dan UMKM, “tutur Camat Neglasari Tubagus Sanny Soniawan, kepada awak media Nusantara Terkini.com saat ditemui diruang kerjanya.senin (18/01/2021)

Kedepan, Dengan memberdayakan Edukasi SDM, Lapangan kerja, dan sektor pertanian tradisional akan membentuk kemandirian Ekonomi yang kuat tentunya tidak terlepas dari sosialisasi dan pendampingan UMKM akan merangsang warga sebagai ujung tombak  keberhasilan perubahan yang lebih baik dari sebelum nya khusus nya  warga Kecamatan Neglasari.

“Salah satu terobosan yang tengah digencarkan adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Cocok tanam di halaman rumah, Pemanfaatan lahan kosong yang dilakukan secara swadaya bersama Warga dibantu Pokmas RT,RW dan Kelurahan setempat,”Ucapnya.

Mantan ASN Inspektorat itu menjelaskan, ia harus terus berjuang membangun ketahanan pangan Meski lelah, “harus terjun langsung ke lapangan dan menggerakkan masyarakat demi ketahanan ekonomi agar tidak lagi menyandang wilayah terbanyak warga digaris kemiskinan.

“Untuk menggerakkan program ini, Pertama kita akan melakukan pendataan ulang atas Kesemuan bantuan pemerintah yaitu : Bansos Beras (Lumbung pangan) yang disalurkan lintas Dinsos Pemkot Tangerang ke Ketua RW setempat, kemudian BPNT, PKH dan Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bantuan lainnya.

Camat Neglasari Tubagus Sanny Soniawan saat menyerahkan Bansos

Menurut dia, untuk membangun SDM warga dari ketertinggalan Ekonomi, Tidak butuh teori atau hanya perintah dari pimpinan,tetapi langsung praktik bersama. Untuk itulah dirinya menegaskan,”Saya akan menggerakkan jajaran Kecamatan dan Kelurahan serta Pokmas dan tokoh masyarakat untuk Deteksi Dini atas semua interaksi Yang dibutuhkan Warga Neglasari.

“Wilayah Kecamatan yang saya pimpin dekat dengan TPA Rawa Kucing dibawah Dinas DLH,  Bandara Soetta dan pergudangan akan kita himbau menampung tenaga kerja warga Neglasari untuk mengurangi pengangguran,” jelas Sonny

Dilain itu, Program Swadaya KWT, Untuk para Ibu – ibu rumah tangga akan kita arahkan bercocok tanam di lahan kosong sekitar rumah dengan tujuan akan menambah bahan pangan Sayuran dan buah – buahan dan tidak menutup kemungkinan dapat menambah penghasilan.

“Pendampingan SDM bercocok tanam dan akan membangun  Usaha Mikro Kecil Menengah “UMKM” yang menginspiratif dan mendorong  semua akan siap bersaing secara mandiri dalam kekuatan Ekonomi keluarga.

Kendati dimasa Pandemi,”Saya berharap,Akan tumbuh sikap kemandirian warga yang mau bekerja keras dan kerjasama dari semua kalangan agar Wilayah Neglasri dapat menjadi wilayah  Mikro ekonomi dan lumbung Tanaman keluarga dan peningkatan Dunia Usaha serta tenaga kerja yang handal di semua bidang.Semoga kedepan tidak ada lagi warga Neglasari dibawah garis kemiskinan,”Pungkas nya. (Adv)

Nusantara Terkini.Com 

Biro Tangerang Raya : Rohman.

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.