Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Terbebas Dari Keterisoliran, Warga Kedung Kandri Gelar Selamatan di Jalan TMMD Brebes

Loading...

Brebes – Puluhan warga Dukuh Kedung Kandri, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan syukuran di jalan baru hasil pembukaan excavator Kodim 0713 Brebes, mulai tanggal 15 Agustus – 22 September 2020. Minggu (27/9/2020).

Acara digelar sangat sederhana dan dengan penerapan protokol kesehatan, yaitu wajib memakai masker.

Dijelaskan Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), acara tersebut sebagai bentuk syukur kepada Tuhan YME, atas karunia jalan tembus ke Desa Kalinusu, sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter, yang sudah mereka impikan sejak puluhan tahun lalu.

“Dalam syukuran itu, warga sengaja mengundang sejumlah TNI dan Polri anggota Satgas TMMD, termasuk Tim Teknisi Kodim Brebes,” ungkapnya.

Menurutnya, jalan baru yang masih tanah itu benar-benar akan membebaskan warganya di Dukuh Kedung Kandri dari keterisoliran.

Untuk diketahui, warga Dukuh Kedung Kandri sebelumnya harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu/rakit untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

Mereka harus membayar ongkos rakit seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu/sepeda dan Rp. 5 ribu/unit sepeda motor.

Tak hanya itu, jika hendak mendapatkan pelayanan Adminduk di Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer dalam waktu 45 menit lebih, dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai ke kantor desanya itu. (Dar/Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.