Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Tanggapi Keluhan Masyarakat, DPRD Seluma Sidak Perushaan Sawit

Loading...

Seluma- Tanggapi keluhan masyarakat  terkait limbah perusahaan pengolahan crude palm oil (CPO) PT. Bengkulu Sawit Lestari (BSL) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma mengelar gelar inspeksi mendadak (Sidak). Kamis (28/05/2020).

Sidak dipimpin, Ketua DPRD Kabupaten Seluma Nofi Eriyan Andesca, Wakil Ketua I Sugeng Zonrio, dan Wakil Ketua II Ulil Umidi ke pabrik pengolahan PT. BSL di desa Air Teras kecamatan Talo.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seluma, Ulil Umidi. Mengatakan sidak ini menangapi Laporan masyarakat yang diterima DPRD, terkait limbah perusahaan, yang diduga tidak dikelola dengan baik.

“Kami menerima laporan warga dari Desa Air Teras Kecamatan Talo, dan Desa Kunduran kecamatan Seluma Timur, yang mengeluhkan adanya laimbah perushaan yang tidak dikelolah dengan baik meneybabkan bauk yang tak sedabn dan mengundang lalat di sekitar rumah, dikawatirkan dapat menganggu kesehatan warga,” jelas Ulil Umidi.

Sementara itu Project Manager PT. BSL, Ilham Abdillah saat ditemui di lokasi pabrik menyatakan, lalat yang menggangu rumah warga disebabkan dari limbah Janjang Kosong (Jangkos) buah kelapa sawit. Sedangkan untuk limbah cair dikeloka sesuai prosuder, yakni menggunakan kolam dan tidak ada masalah.

“Lalat ditimbulkan dari limbah padat, seperti limbah jangkos, sedangkan untuk limbah cair sudah kami kelola dengan baik dan tidak menyebabkan lalat,” jelasnya.

Pihak perusahaan berjanji akan melakukan pembasmian terhadap lalat, sehingga tidak akan ada lagi lalat yang menganggu aktivitas warga desa sekitar.

“Akan kami basmi menggunakan disinfektan, dengan menyemprotkannya ke setiap limbah padat yang ada di pabrik kami” jelasnya. (Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.