Tak Dilibatkan dalam Pembangunan Desa, Warga Pasir Palasah Protes

Loading...

MAJALENGKA – Tak dilibatkan dalam pengerjaan pembangunan di desa, sangat disesalkan warga Desa Pasir, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pasalnya setiap pelaksanaan pembangunan di desa hingga akhir tahun 2019 lalu, warga hanya menyaksikan pengerjaan yang dikerjakan oleh pihak ketiga atau pemborong.

Oman selaku warga setempat mengungkapkan bahwa selain setiap pengerjaan diborongkan juga tak terdapat keterangan papan informasi yang terpasang, sehingga warga tidak tahu berapa besaran nilai pembangunan juga masa dalam pengerjaan.

“Disana jelas telah abaikan UU. No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), agar warga dapat mengetahui secara pasti setiap pengerjaan pembangunan di desanya,” ungkapnya, Jumat (17/01/2019).

Menurutnya, bahkan dalam keterangan dari beberapa media mainstream dijelaskan langsung oleh Presiden Jokowi bahwa setiap pengerjaan pembangunan di desa apalagi dana yang bersumber dari APBN yakni Dana Desa (DD) atau sejenis lainnya berhak diawasi oleh masyarakat pada umumnya.

“Kami sebagai warga sangat menyesalkan hal itu, berharap ini dapat menjadi perhatian pemerintah khususnya daerah hingga ke tingkat pusat,” imbuhnya.

Sementara itu, Salestian sebagai sekertaris desa mengakui telah mengetahui apa yang telah menjadi keluhan warga hingga akan berupaya kedepan memenuhi keinginan warganya.

“Karena kebetulan kepala desa sedang ada keperluan lain, Insyallah nanti akan segera disampaikan. Saya mengakui bahwa itu kesalahan kami tidak memasang papan informasi dan pengerjaan diborongkan,” terangnya.

Selanjutnya, alasan kenapa diborongkan dikarenakan merasa pernah terjadi kendala hingga akhirnya terjadi masalah pada waktu yang telah lalu.

Terpisah, Kepala Inspektorat Kabupaten Majalengka, Drs. Edy Noor menegaskan, filosofi adanya dana yang berasal dari pemerintah tujuannya adalah kearah pemberdayaan masyarakat.

“Artinya, harus melibatkan masyarakat dalam upaya tersebut. Bisa saja itu dikerjakan oleh pihak ketiga atau diborongkan manakala telah memenuhi beberapa aspek mekanisme aturan mainnya,” pungkasnya. (GW)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.